Kemenparekraf Paparkan Upaya Akselerasi Pemulihan Sektor Parekraf Pascapandemi 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf Frans Xaverius Teguh (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers usai kegiatan G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/9/2022). Pertemuan G20 Tourism Ministerial Meeting menyepakati Bali Guidelines yang terdiri lima
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf Frans Xaverius Teguh (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers usai kegiatan G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/9/2022). Pertemuan G20 Tourism Ministerial Meeting menyepakati Bali Guidelines yang terdiri lima | Foto: ANTARA/Fikri Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memaparkan sejumlah upaya dan kebijakan yang dilakukan dalam mengakselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi di Indonesia. 

Direktur Pemasaran Wilayah Asia Pasifik Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Sindhutrisno, mengatakan sektor pariwisata Indonesia berangsur pulih seiring dengan program vaksinasi yang terus digalakkan pemerintah. 

Selain itu, Wisnu mengatakan pelaku usaha parekraf juga kembali mendapat kepercayaan wisatawan berkat program sertifikasi CHSE. Di sisi lain, produk ekraf dalam negeri memperlihatkan hasil positif melalui #BeliKreatifLokal yang merupakan program turunan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Guna mendorong penyelenggaraan event daerah semakin masif dan berkualitas, Kemenparekraf menggulirkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merangkum 110 event unggulan se-Indonesia.

"Pengembangan desa wisata juga salah satu yang menjadi unggulan untuk strategi pemulihan pariwisata kita karena ini berdampak langsung kepada komunitas di daerah, di desa-desa. Ini yang terus dikedepankan," ujar Wisnu dalam keterangannya, Jumat (3/2/2023).

Kemudian upaya untuk menjaga eksistensi dan mempromosikan pariwisata Indonesia di mata global juga dilakukan Kemenparekraf melalui exhibition, famtrip, hingga sales mission. Didukung dengan sejumlah kampanye seperti #DiIndonesiaAja, #WonderfulJourney, #ItstimeforBali, dan destinasi lainnya.

Pembangunan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang meliputi Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika yang lebih berkualitas, berkelanjutan, serta berbasis digital juga terus dilakukan. Keberadaan lima DPSP ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian tanah air dan membuka lapangan pekerjaan baru.

"Pemulihan pariwisata memang tidak instan, it takes a long time, tapi bagaimana kita terus melakukan berbagai berbagai upaya, step by step-nya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kemenparekraf Gandeng Qatar Airways

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kemenparekraf Gandeng Qatar Airways

Kolaborasi Bersama Membangun Pariwisata BYP yang Terintegrasi

Cap Go Meh di Kota Bogor akan Digelar di Jalan Suryakencana

Kemenparefkraf Fokus Kembangkan Wisata Ramah Muslim Berbasis Masjid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark