Tanpa Ribet, 2 Ide Menu Buka Puasa Sederhana

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari

Kamis 30 Mar 2023 16:45 WIB

Bubur Sumsum bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang mudah dan murah/ilustrasi. Foto: Republika/Amin Madani Bubur Sumsum bisa menjadi alternatif berbuka puasa yang mudah dan murah/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tak perlu repot-repot, menu buka puasa bisa dibuat dengan simpel dan mudah. Head Chef 1O1 Urban Jakarta, Muhammad Ariyanto berbagi ada banyak ide buka puasa simpel yang bisa dibuat dari isi kulkas. “Ada banyak, anti ribet,” kata chef Ari, beberapa waktu lalu.

Pertama, Anda bisa membuat es sarang burung. Bahannya hanya agar-agar, biji selasih, sirup, dan es batu. Chef Ari menyarankan untuk membuat agar-agar terlebih dahulu, sebelum momen buka puasa. Dia menyarankan untuk memilih agar-agar tanpa rasa atau plain.

Baca Juga

Kemudian, parut agar-agar menggunakan parutan keju. Isi gelas secukupnya dengan agar-agar. Berikan biji selasih secukupnya. Pastikan biji selasih sudah direndam terlebih dahulu. Tambahkan sirup dan es batu. Chef Ari menyarankan untuk memilih sirup rasa coco pandan atau pisang susu, yang berwarna merah. ''Sirup warna merah coco pandan atau pisang susu lebih enak,” ujar chef Ari.

Selain itu, Anda juga bisa membuat bubur sumsum sendiri. Bahannya hanya tepung beras, air, santan, dan gula merah. Takarannya dua berbanding satu, untuk air dan tepung beras. Setelah itu, larutkan gula merah sebagai pendamping bubur sumsum. “Varian sumsum ada banyak,” kata chef Ari.

Dia mengusulkan untuk menambahkan daun pandan agar lebih wangi. Jika ingin aroma yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan vanila essence atau ekstrak vanila.

Kemudian, ada juga bubur sumsum jagung. Pastikan untuk merebus pipilan biji jagung terlebih dahulu, sebelum mencampurkannya ke bubur sumsum. “Bubur sumsum kasih printilan jagung, aduk, rebus dulu jagungnya,” ujar dia. 

Terpopuler