Jumat 21 Apr 2023 21:08 WIB

Masih Cedera, Nadal Terpaksa Absen di Madrid Masters

Nadal tidak bermain sejak kalah di babak kedua Australian Open pada Januari 2023.

Red: Endro Yuwanto
Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal. Nadal mengungkapkan bahwa ia akan absen di Madrid Masters 2023 pekan depan.
Foto: AP/Mark Baker
Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal. Nadal mengungkapkan bahwa ia akan absen di Madrid Masters 2023 pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rafael Nadal mengungkapkan bahwa ia akan absen di Madrid Masters pekan depan. Nadal masih berjuang untuk pulih dari cedera pinggul.

"Untuk saat ini saya merindukan Monte Carlo dan Barcelona. Dan sayangnya saya juga tidak bisa berada di Madrid," kata Nadal lewat unggahan akun Instagram miliknya, Jumat (21/4/2023). "Cederanya masih belum sembuh."

Baca Juga

Petenis Spanyol berusia 36 tahun itu tidak bermain sejak kalah di babak kedua Australian Open pada Januari 2023 lalu. Nadal berharap untuk memperpanjang rekor gelar French Open ke-15 di Roland Garros pada Mei 2023, tetapi masalah fleksor pinggul yang dideritanya di Melbourne sangat mengganggu perjalanannya ke turnamen Grand Slam tersebut.

Juara Grand Slam 22 kali itu, yang memiliki catatan rekor sama banyaknya dengan Novak Djokovic, awalnya mengira akan absen hingga dua bulan.

Dikutip dari AFP, Nadal mundur dari turnamen lapangan keras di Indian Wells dan Miami, dengan tujuan untuk kembali pada awal musim lapangan tanah liat, tetapi itu tidak membuahkan hasil.

"Pada prinsipnya itu seharusnya menjadi periode pemulihan enam hingga delapan minggu dan sekarang sekitar 14 minggu," kata Nadal menjelaskan."Kenyataannya adalah bahwa situasinya tidak seperti yang kami harapkan. Semua indikasi medis telah diikuti, tetapi penyembuhan belum berjalan seperti yang mereka katakan pada kami pada awalnya dan kami menemukan diri kami dalam situasi yang sulit."

Kondisi kebugaran Nadal menjadi masalah yang semakin meningkat sejak ia memenangi gelar French Open ke-14 tahun lalu. Di Wimbledon musim panas lalu, ia terpaksa mundur dari semifinal karena cedera perut.

Bulan lalu Nadal terlempar dari 10 besar untuk pertama kalinya sejak 2005, dan saat ini berada di peringkat ke-14. French Open dimulai pada 28 Mei, sementara Nadal sekarang berpacu dengan waktu agar fit untuk Roma Masters, ajang pemanasan terakhir sebelum Roland Garros.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement