Rabu 10 May 2023 08:03 WIB

Tak Banyak Komentari soal AI, Tim Cook Apple Sebut Ingin Bijaksana

Apple ingin bijaksana dalam menggunakan AI

Rep: Santi Sopia/ Red: Partner
.
Foto: network /Santi Sopia
.

Dok.istimewa
Dok.istimewa

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID — Kecerdasan buatan (AI) generatif digembar-gemborkan sebagai dorongan besar untuk masa depan. Tetapi tidak seperti vendor teknologi besar lainnya, CEO Apple Tim Cook tidak banyak memberikan komentar apa pun tentang kecerdasan buatan (AI) yang sangat berkembang pesat saat ini.

Selama sesi tanya jawab dengan para analis, Cook ditanyai oleh analis Shannon Cross dari Credit Suisse tentang pendapat CEO Apple tentang AI generatif secara keseluruhan. Lebih khusus lagi tentang bagaimana teknologi tersebut akan cocok dengan produk Apple.

Cook memberikan sedikit perincian, mempertahankan strategi jangka panjang Apple untuk mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi tentang upaya di masa depan.

“Seperti yang Anda ketahui, kami tidak mengomentari peta jalan produk,” kata Cook, seperti dikutip dari Venturebeat.

Apple akan mengambil pendekatan yang disengaja dan bijaksana untuk AI generatif Meskipun Cook menolak mengomentari produk masa depan, dia memberikan wawasan tentang bagaimana Apple berpikir tentang AI seperti apa yang cocok dengan produk dan layanan perusahaan.

“Saya pikir sangat penting untuk berhati-hati dan bijaksana dalam cara Anda mendekati hal-hal ini. Dan ada sejumlah isu yang perlu dipilah, seperti yang dibicarakan di sejumlah tempat berbeda, tapi potensinya tentu sangat menarik,” ujar dia.

AI sudah menjadi bagian dari produk Apple

Apple tentu tidak asing dengan AI. Asisten suara Siri memanfaatkan pemrosesan bahasa alami (NLP) di seluruh produk Apple termasuk Apple Watch, iPhone, iPad, komputer Mac, dan perangkat HomePod, untuk membantu pengguna menjalankan tugas. AI juga sangat terintegrasi ke dalam perangkat lunak iOS perusahaan, dengan kemampuan seperti Deep Fusion untuk meningkatkan kualitas gambar. Pada 2021, Apple mempekerjakan Samy Bengio, mantan pemimpin upaya AI Google, untuk membantu Apple membangunnya sendiri.

“Kami jelas telah membuat kemajuan besar dalam mengintegrasikan AI dan pembelajaran mesin di seluruh ekosistem kami dan kami menganyamnya menjadi produk dan fitur selama bertahun-tahun,” kata Cook.

Cook juga mencatat bahwa AI hadir dalam fitur-fitur yang ditemukan di iPhone dan Apple Watch saat ini, termasuk fungsi deteksi jatuh, deteksi kecelakaan, dan elektrokardiogram (EKG).

“Hal-hal ini bukan hanya fitur hebat, tetapi juga menyelamatkan nyawa orang di luar sana,” kata Cook lagi.

Cook memandang AI sebagai sesuatu yang besar dan akan terus berupaya mengambil langkah dengan sangat hati-hati. Santi Sopia

sumber : https://senandika.republika.co.id/posts/214748/tak-banyak-komentari-soal-ai-tim-cook-apple-sebut-ingin-bijaksana
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement