Selasa 23 May 2023 19:24 WIB

Prof Imam Solekhudin : Matematika Bisa Jadi Alat Mencari Solusi Permasalahan Kehidupan

Persoalan kehidupan mudah pemecahanya menggunakan matematika analitik, sedang permasalahan yang sulit pemecahannya dengan metode numerik.

Rep: Heri Purwata/ Red: Partner
.
Foto: network /Heri Purwata
.

Prof Imam Solekhudin (tengah) seusai membacakan pidato pengukuhan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Prof Imam Solekhudin, MSi, PhD mengungkapkan matematika bisa menjadi alat untuk mendapatkan solusi kehidupan nyata. Caranya, mengubah permasalahan nyata menjadi permasalahan di matematika maka akan mudah mendapatkan solusi. Namun jika menemukan persoalan yang sulit dipecahkan secara analitik, maka pemecahannya dengan metode numerik.

Prof Imam Solekhudin yang juga Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) mengemukakan hal tersebut pada pidato pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Komputasi Matematika di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Selasa (23/5/2023). Imam Solekhudin mengangkat judul pidato 'Sekilas Mengenai Implementasi Suatu Metode Numerik dalam Permasalahan-Permasalahan Infiltrasi dari Saluran Irigasi.'

BACA JUGA : Desain Arsitektur dengan Strategi Hibrida untuk Dekarbonisasi, Apa Saja?

Dijelaskan Imam, model matematika merupakan alat untuk menjembatani permasalahan di kehidupan nyata menggunakan metode matematika numerik. Caranya, mengubah permasalahan nyata menjadi permasalahan di matematika, maka akan diperoleh solusi.