Rabu 24 May 2023 05:48 WIB

Stafsus: KPK Geledah Kantor Kemensos Saat Mensos Risma Sedang Rapat

KPK geledah Kemensos terkait bansos 2020-2021, melibatkan eks dirut PT Transjakarta.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Sosial Tri Rismaharini memasangkan topi ke salah satu mahasiswa peserta program Pejuang Muda di kantor Kemensos, Jakarta, Rabu (13/10).
Foto: dok. Humas Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini memasangkan topi ke salah satu mahasiswa peserta program Pejuang Muda di kantor Kemensos, Jakarta, Rabu (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui telah menggeledah kantor Kemensos pada Selasa (23/5/2023), terkait kasus dugaan rasuah penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020-2021.

Staf Khusus (Stafsus) Menteri Sosial Bidang Komunikasi dan Media Massa, Don Rozano Sigit Prakoeswa, menampik adanya pemeriksaan terhadap Mensos Tri Rismaharini. "Nggaklah, kan itu terjadi udah 2020. Apalagi yang mau dikonfirmasikan? Wong sudah kejadiannya," kata Don saat ditemui di kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa malam WIB.

Baca Juga

Ditanya siapa saja yang diperiksa penyidik KPK, dia mengaku tak mengetahuinya. Don juga tak mengetahui lokasi mana saja yang menjadi tujuan penggeledahan tim antirasuah itu. Meski demikian, Don menyampaikan, informasi yang didapatnya, proses mencari tambahan barang bukti hanya melibatkan satu direktorat jenderal.

"Saya gak tahu detailnya, karena saya juga gak ngikutin tim itu datang, kan kita juga persilakan KPK mau datang ke ruang mana, lihat apa. Silakan-silakan aja," kata Don menjelaskan.