REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Konsumen kerap mengharapkan kemudahan dalam berbelanja daring. Di samping itu, para pelaku bisnis atau penjual di niaga elektronik atau lokapasar (e-commerce) juga menginginkan hal serupa.
Oleh karena itu, Tokopedia juga menyediakan sejumlah fitur untuk membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kesuksesan pelaku usaha daring.
Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur Spesifikasi, Katalog Tokopedia, dan Kurir Rekomendasi.
“Kita mengimbau para penjual mengisinya agar menguntungkan penjual dan meyakinkan pembeli juga jadi memberikan nilai tambah,” kata Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia Azzahra Rahmani Ali di Jakarta, Rabu (24/5/2023).
Fitur-fitur ini berlaku untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget, dan lainnya. Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih lengkap, seperti manfaat, kandungan produk, hingga cara pakai, untuk lebih meyakinkan calon pembeli.
Sedangkan, Katalog Tokopedia membantu penjual melakukan kurasi produk unggulan agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain. Selain itu, fitur Kurir Rekomendasi menerapkan kecerdasan buatan (AI) untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. “Dengan AI, kami bisa rekomendasikan mitra logistik terbaik dan mendukung pengembangan bisnis dari penjualan,” lanjut dia.
Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo, Bandung, dan akan terus bertambah di kota lainnya.
Dengan Kurir Rekomendasi, penjual bisa mengatur jadwal ambil barang. Selain itu, penjual juga bisa live chat bersama tim khusus apabila terjadi kendala pengiriman.