Ahad 11 Jun 2023 18:30 WIB

Mulai Bangkit, Sri Lanka Cabut Batasan Impor 286 Barang

Pemerintah Sri Lanka membatasi impor lebih dari 3.200 barang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Sri Lanka sudah mulai bangkit dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa terakhir.
Foto: EPA-EFE/CHAMILA KARUNARATHNE
Sri Lanka sudah mulai bangkit dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO -- Sri Lanka sudah mulai bangkit dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dasawarsa terakhir. Pada Sabtu (10/6/2023), Kementerian Keuangan Sri Lanka menyatakan telah mencabut pembatasan impor pada 286 barang.

Diketahui, pada tahun lalu Sri Lanka mengalami krisis karena cadangan devisanya habis. Pemerintah Sri Lanka pun membatasi impor lebih dari 3.200 barang, termasuk makanan laut, elektronik, dan bahkan alat musik.

Namun, dalam sembilan bulan terakhir, pendapatan negara kepulauan di Asia Selatam itu mulai meningkat karena Sri Lanka mendapatkan dana talangan 2,9 miliar dolar IMF yang dipakai untum memoderasi inflasi serta untuk membangun kembali cadangan devisanya. Kabar baiknya, cadangan Sri Lanka pun langsung tumbuh 26 perden ke level tertinggi dalam 17 bulan sebesar 3,5 miliar dolar AS di bulan Mei.

Selain itu juga dibantu oleh pengiriman uang yang lebih kuat dan pendapatan pariwisata. Berdasarkan data dari bank sentral, mata uang Sri Lanka telah meningkat sekitar 24 tahun ini.

"Dengan stabilnya ekonomi, pembatasan impor pada 286 barang telah dicabut mulai Jumat tengah malam," kata Kementerian Keuangan dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Ahad (11/6/2023).

Berbagai barang mulai dari gerbong kereta api hingga penerima siaran radio masuk dalam daftar terbaru yang dibebaskan dari pembatasan. Sri Lanka juga akan memangkas harga 60 obat esensial sebesar 16 persen mulai persen ini.

Namun, Sri Lanka masih perlu menyelesaikan pembicaraan utang dengan kreditor pada bulan September. Pada saat tersebut IMF juga akan melakukan peninjauan program IMF yang pertama, dan menerapkan reformasi ekonomi utama untuk menempatkan pemulihannya pada jalur yang berkelanjutan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيْرًا مِّنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِۖ لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُوْنَ بِهَاۖ وَلَهُمْ اٰذَانٌ لَّا يَسْمَعُوْنَ بِهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ كَالْاَنْعَامِ بَلْ هُمْ اَضَلُّ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْغٰفِلُوْنَ
Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.

(QS. Al-A'raf ayat 179)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement