Senin 10 Jul 2023 18:38 WIB

UMKM Jawa Tengah Didorong Gaet Pasar Internasional, 380 Produk Lokal Dikirim ke Prancis

Jumlah UMKM di Jawa Tengah berjumlah 17.821.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Sebanyak 380 produk lokal dari 28 UMKM yang berada di Solo Raya diekspor ke Prancis.
Foto: Dok. HPJT
Sebanyak 380 produk lokal dari 28 UMKM yang berada di Solo Raya diekspor ke Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 380 produk lokal dari 28 UMKM yang berada di Solo Raya diekspor ke Prancis. Pengiriman produk UMKM yang tergabung dalam Kerabat UMKM Solo Raya (Kersa) ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Solo bersama Bank Indonesia, Bank Jateng, dan agregator dari Prancis, Fairindo.

Ganjar yang ditemui usai nonton konser Langit Berdendang di Stadion Manahan Solo mengatakan, peningkatan kualitas ekspor produk UMKM ke Perancis merupakan upaya pemerintah dalam menumbuhkan perekonomian kemasyarakatan.

Baca Juga

"Itu bagian dari ikhtiar kita untuk menduniakan UMKM ya. Maka terima kasih sama kawan-kawan yang di Prancis yang telah membantu UMKM kita sehingga itu memacu UMKM kita untuk terus ke sana, untuk makin dikenal, mendunia," ujar Ganjar, seperti dilansir pada Senin (10/7/2023(.

Untuk Kota Solo, ekspor UMKM ke Perancis adalah upaya keberlanjutan dari pelepasan ekspor pertama yang dilakukan pada Desember 2022 lalu. Ekspor UMKM itu dikepalai Mathieu Mergans, selaku Kurator sekaligus CEO Fairindo.