Kamis 03 Aug 2023 08:56 WIB

Shin Tae-yong Kantongi Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 Jelang Piala AFF U-23 2023

Indonesia tergabung dalam grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbincang dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior, Shin Tae-yong telah mengantongi daftar skuad yang akan dipanggil untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Kompetisi sepak bola junior antarnegara Asia Tenggara ini akan digelar pada 17-26 Agustus 2023 di Thailand. 

Indonesia tergabung dalam grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Skuad Garuda Muda akan memulai laga perdana pada 18 Agustus 2023 melawan Malaysia, kemudian melawan Timor Leste pada 20 Agustus 2023. Indonesia harus menjadi juara grup agar bisa lolos ke semifinal. Adapun satu slot yang terdisa akan diisi oleh runner-up terbaik.

Baca Juga

Erick mengungkapkan Shin Tae-yong sudah memiliki nama-nama pemain yang akan dipanggil, dan ia pun sejatinya sudah mengetahui daftar tersebut. Namun, ia menghormati Shin Tae-yong dan tidak membukanya ke publik. "Soal pemain yang dipanggil, silakan ke Shin Tae-yong. Saya sendiri sudah tahu. Tetapi Coach Shin yang berhak berbicara lebih detail," kata Erick kepada awak media di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di sisi lain, Menteri BUMN itu juga memahami ada beberapa klub yang enggan melepas pemainnya untuk mengikuti turnamen tersebut. Namun, klub memang berhak menahan pemainnya untuk tidak tampil di Piala AFF U-23 2023 karena ticak masuk ke dalam kalender FIFA. 

"Coach Shin juga sudah tahu siapa pemain yang dilepas dan tidak dilepas oleh klub," ujarnya. 

Namun Erick enggan memojokkan klub dan memaksa mereka melepas pemainnya, karena seperti komitmen PSSI di awal bahwa Piala AFF U-23 dan Asian Games hanya target antara bukan target utama. Sebab itu, menjaga kebugaran pemain menjadi sangat penting mengingat padatnya jadwal Timnas Indonesia di akhir tahun ini mulai dari kelompok umur hingga senior.

Hingga saat ini, PSSI belum bisa menentukan kepastian jadwal pemusatan latihan (TC) timnas U-23 Indonesia dimulai. "Soal kepastian TC nanti negoisasi antara klub dan timnas. Tetapi saya tidak mau memojokkan klub," ujarnya menambahkan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement