Kamis 14 Sep 2023 15:53 WIB

Bukan Ridwan Kamil, Golkar Usung Ahmed Zaki Iskandar di Pilkada DKI

Golkar resmi mengusung Ahmed Zaki Iskandar di Pilkada DKI, bukan Ridwan Kamil.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Golkar DKI Jakarta mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak mengusung eks Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (RK) untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Kader yang diusung Golkar DKI Jakarta adalah Ahmed Zaki Iskandar, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tangerang. 

"Untuk cagub atau cawagub DKI Jakarta kita persiapan sudah panjang, sosialisasi sudah panjang dan calon kita saat ini sesuai musda dan rakerda yaitu Ahmed Zaki Iskandar, dan kita setiap kader dan caleg juga sosialisasinya itu," kata Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Basri Baco kepada wartawan, Kamis (14/9/2023). 

Baco menuturkan, RK disebut disiapkan lebih lanjut untuk di-plotting di Jawa Barat (Jabar). Sehingga tidak ada perbincangan mengenai pengusungan RK di DKI Jakarta. 

"Belum ada kita bicara mengenai RK, secara RK ini masih satu periode di Jabar. Dan pernah waktu itu juga ngobrol sama DPP (Dewan Pimpinan Pusat) bahwa plotingnya RK itu di Jabar. RK di Jabar, Zaki di DKI, dan Airin (Airin Rachmi Diany) di Banten," jelas dia. 

Baco menuturkan, jika RK di-plotting di DKI Jakarta, Zaki tentunya tidak akan bisa di Jabar. Dia menyebut pembagian antara ketiga kader Golkar tersebut sudah disepakati di DPP. Jika ada pengubahan plottingan, harus melewati berbagai rapat dan kesepakatan anyar dalam rapat berdasarkan mekanisme yang ada. 

"Ploting sudah begitu, jangan diganggu dong. (Persiapan Zaki) sudah jalan dari empat tahun lalu kita. Sosialisasi Zaki sudah keliling," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement