Sabtu 16 Sep 2023 10:39 WIB

Piala Dunia U-17; Timnas Indonesia Batal Main di JIS, Ini Alasan Lengkapnya

Tim Garuda Muda bakal menjalani laga perdana melawan Ekuador pada 10 November.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Tukiman.
Foto: Republika/ Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Tukiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-17 dipastikan berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya selama babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. Tim Garuda Muda bakal menjalani laga perdana melawan Ekuador yang akan berlangsung pada Jumat (10/11/2023) pukul 19.00 WIB. 

Pada duel selanjutnya, tim asuhan Bima Sakti bakal bersua Panama, Senin (13/11/2023). Di laga terakhir, penentuan nasib melawan Maroko akan digelar pada Kamis (16/11/2023). Demi azas fair play, pertandingan lain yang mempertemukan Ekuador kontra Panama akan dihelat di Stadion Manahan, Solo.

Baca Juga

"Kita akan lihat pertandingan satu per satu. Hasil drawing di satu sisi memberikan kans bagi Indonesia untuk bisa berbicara lebih jauh. Kuncinya ada persiapan di Jerman. Saya yakin kita akan mendapatkan hasil maksimal di Jerman dengan beruji coba melawan tim-tim dari Amerika Latin dan Afrika," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Sabtu (16/9/2023).

Jika jadi juara grup, Iqbal Gwijangge dkk akan kembali berlaga di Kota Pahlawan. Sementara itu, jika berstatus sebagai runner-up atau peringkat tiga terbaik, Tim Merah Putih akan bertarung di Solo untuk meneruskan ke babak 16 besar. Adapub semifinal dan final dan perebutan posisi ketiga Piala Dunia U-17 semuanya dipastikan dihelat di Stadion Manahan, Solo. 

Jika melihat jadwal pertandingan Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia U-23 punya waktu istirahat pendek di sepanjang penyisihan, hanya dua hari. Duet Bima Sakti dan Frank Wormuth punya pekerjaan rumah menjaga stabilitas stamina para pemain Timnas U-17, mengingat tiga duel yang dilakoni pasti akan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Jika mengacu hasil undian, Timnas Indonesia U-23 bisa dibilang beruntung terhindar dari grup-grup berstatus neraka. Negara kita tidak harus bersua lebih dini dengan negara-negara elite dunia. Hanya saja, Timnas U-17 juga tidak boleh terlalu percaya diri. Pasalnya lawan-lawan yang dihadapi punya rekam jejak bagus di persaingan level konfederasi masing-masing.

Tidak digunakannya JIS oleh timnas Indonesia dikarenakan... 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement