Ahad 01 Oct 2023 23:20 WIB

Erick Thohir Disebut Sudah Sangat Lekat dengan MES

Erick Thohir kembali memimpin MES untuk periode kedua.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Hafil
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Foto: Dok PNM
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir kembali terpilih menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periodik 2023-2025 dalam Musyawarah Nasional ke-VI MES yang diselenggarakan di Gedung Plaza Mandiri Jakarta, Ahad (1/1/2023) hari ini. Terpilih pula Sandiaga Uno, yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjadi Wakil Ketua Umum MES.

Penetapan Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES melalui keputusan rapat sembilan anggota tim formatur yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pembina PP MES. Hasil Munas ini disambut positif dan antusias oleh perkumpulan mahasiswa Islam di Indonesia. 

Baca Juga

“Sosok Pak Erick memang sudah sangat lekat dengan MES. Tak hanya kami di akar rumput, tetapi juga sekelas Wapres, Kiai Ma’ruf Amin, juga memberi pengakuan terhadap inovasi dan dedikasi Pak Erick untuk Masyarakat Ekonomi Syariah," ujar Presiden Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Julius Nurdinsi Utama, Ahad (1/10/2023).

FoSSEI yang beranggotakan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di lebih dari 250 kampus se-Indonesia juga berharap, kepemimpinan Erick pada periode selanjutnya meningkatkan lagi peranan generasi muda. Ia berharap Erick dan jajaran pengurus MES yang baru lebih giat lagi mengajak serta kelompok mahasiswa Muslim, khususnya yang peduli dan memiliki ketertarikan di isu ekonomi syariah.

Hal senada disampaikan Presnas Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi Syariah (FORNAS MESYA) Iip Parikesit. Menurutnya, ekonomi syariah memang membutuhkan tokoh yang mempunyai kapabilitas yang baik seperti Pak Erick Thohir.

"Semoga atas terpilihnya kepengurusan baru MES ini bisa membawa Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia bisa lebih maju lagi," ujar Iip.

Senada dengan FoSSEI dan Fornas Mesya, Sahabat Eksyar ikut memberikan sambutan yang positif terhadap penunjukan Erick Thohir. “Bagi kami, perwakilan Gen-Z yang mengusung topik ekonomi Islam dan keterlibatan anak muda, penetapan kembali Pak Erick sebagai Ketum MES sangat kami dukung,” ungkap Ketua Umum Zahabat Eksyar Muhammad Rafiudin. 

Terakhir, perkumpulan anak muda yang giat melakukan agenda talk show keliling Indonesia, Rabu Hijrah, juga mendukung hasil Munas MES. Menurt Rabu Hijrah, keberpihakan Erick sudah tidak diragukan lagi untuk ekonomi syariah. 

"Kita tahu, dengan posisi beliau di Kementerian BUMN, kita telah menyaksikan langkah konkret untuk membangun eksyar di Indonesia, yakni penggabungan bank syariah. Kami berharap lebih banyak gebrakan lagi melalui MES,” ungkap Rio Chaniado, dari Rabu Hijrah.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement