Rabu 25 Oct 2023 21:03 WIB

Kisah Sayyidah Aisyah Difitnah dalam Berita Dusta

Peristiwa ini dikenal dengan mama Haditsul Ifki atau Berita Dusta.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Fitnah Terhadap Aisyah Istri Nabi (Ilustrasi)
Foto: tangkapan layar google
Kisah Fitnah Terhadap Aisyah Istri Nabi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pada perang Bani Musthaliq tahun keenam Hijriah terjadi peristiwa besar yang merupakan hasil makar kaum munafik, itu dikenal dengan istilah Haditsul Ifki atau Berita Dusta. 

Seperti dikutip dari Sejarah Hidup dan Perjuangan Rasulullah ﷺ disarikan dari kitab Ar-rahiqul Makhtum, Bermula dari keikutsertaan Aisyah radhiallahuanha dalam perang ini berdasarkan undian yang Rasulullah ﷺ lakukan jika hendak bepergian untuk memilih salah satu isterinya. 

Baca Juga

Ketika kaum muslimin hendak pulang dari peperangan, mereka istirahat di sebuah tempat. Saat itu Aisyah keluar untuk buang hajat. Ketika akan kembali, kalung yang dia pinjam dari saudaranya ternyata terjatuh. Akhirnya dia kembali ke tempat buang hajat tadi untuk mencarinya. 

Pada saat itu, rombongan kaum muslimin berangkat menerus kan perjalanannya pulang ke Madinah. Orang-orang yang mengangkat haudaj (tandu) Aisyah tidak menyangka bahwa dia tidak ada di dalamnya, karena yang mengangkatnya banyak, sehingga ringannya haudaj itu tidak terasa oleh mereka, di samping Aisyah masih muda dan tubuhnya kurus.