Selasa 07 Nov 2023 09:39 WIB

Ratusan Alumni Kampus Top di AS Beri Dukungan ke Mahasiswa Pro-Palestina

Lebih dari 250 alumni menandatangani surat terbuka yang berisi dukungan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Demo mahasiswa pro Palestina di Amerika Serikat.
Foto: AP
Demo mahasiswa pro Palestina di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lebih dari 250 alumni dari perguruan tinggi terbaik Amerika Serikat (AS) yang dikenal Ivy League menandatangani surat terbuka sebagai solidaritas pada mahasiswa yang menggelar unjuk rasa pro-Palestina di dalam kampus. Surat tersebut mengecam kebungkaman institusi pendidikan di tengah upaya untuk menekan suara dukungan hak-hak Palestina.

Surat tersebut dirilis saat sejumlah mahasiswa dari Ivy League diancam akan kehilangan tawaran kerja, pengungkapan informasi pribadi, dan kekerasan fisik karena mendukung aktivisme yang berkaitan dengan Palestina. Intimidasi itu dilakukan sepanjang desakan gencatan senjata di Gaza.

Baca Juga

"Palestina yang merdeka berada di jangkauan kita, sebagai alumni dan anggota masyarakat, kami bersatu untuk menegakan aktivisme mahasiswa," kata para alumni dalam surat tersebut seperti dikutip Middle East Eye, Selasa (7/11/2023).

"Keberuntungan dan suara yang kami miliki yang mana banyak orang yang tidak memilikinya, mari tegakan kepala kita saat kami menyoroti penindasan terus tumbuh di kegelapan, sejarah di pihak kami," tambah surat yang ditandatangani 263 orang itu.