Senin 20 Nov 2023 23:46 WIB

Pertamina Lubricants dan Semen Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pelumas Industri

Kerja sama dua BUMN akan libatkan joint product development pelumas

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pertamina Lubricants melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan pelumas industri. Kerja sama ini sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pelumas di seluruh kegiatan operasional Semen Indonesia Group.
Foto: dok SIG
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pertamina Lubricants melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan pelumas industri. Kerja sama ini sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pelumas di seluruh kegiatan operasional Semen Indonesia Group.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pertamina Lubricants melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan pelumas industri. Kerja sama ini sebagai langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pelumas di seluruh kegiatan operasional Semen Indonesia Group.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Sales and Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi dan Direktur Operasi Semen Indonesia, Reni Wulandari di Yogyakarta, pada Jumat 17 November. Kolaborasi ini merupakan bentuk penguatan sinergi BUMN yang akan membuka peluang berbagai bentuk kerja sama lanjutan antara lain riset bersama dan joint product development pelumas dan gemuk kebutuhan operasional Semen Indonesia Group, dan pengujian komprehensif fasilitas Lubricants Technology Center (LTC) milik Pertamina Lubricants. 

Selain itu, kerja sama ini juga menjadi wadah untuk knowledge sharing dan transfer data guna mempercepat inovasi produk dari masing-masing perusahaan. LTC merupakan pusat riset dan inovasi pelumas pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas modern dan sumber daya manusia profesional dengan lebih dari dua ratus parameter uji dan tim product development yg kompeten.

Direktur Operasi Semen Indonesia, Reni Wulandari mengatakan kerja sama ini menunjukkan komitmen Semen Indonesia yang kuat untuk meningkatkan tingkat komponen dalam negeri terhadap seluruh kegiatan operasional sebagai bentuk keberpihakan terhadap industri dalam negeri sekaligus menyukseskan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang dicanangkan oleh pemerintah, serta penciptaan ekosistem bisnis yang mendukung pertumbuhan dan penguatan perekonomian Indonesia.

“Penggunaan produk dalam negeri merupakan inisiatif strategis yang tertuang dalam sustainability roadmap SIG 2020-2030. Kami mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam P3DN dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia terhadap pertumbuhan perekonomian nasional dengan cara membuka kesempatan seluas-luasnya bagi industri besar dalam negeri dan usaha kecil menengah,” kata Reni Wulandari melalui siaran pers, Senin (20/11/2023).

Direktur Sales and Marketing Pertamina Lubricants, Sari Istiani Rachmi mengatakan kerja sama ini akan menjadi langkah penting dalam mendorong riset dan inovasi di industri pelumas yang diprediksi mengalami pertumbuhan sebesar tiga persen setiap tahunnya. Dalam hal ini, Pertamina Lubricants tidak hanya memformulasikan oli yang sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin unit-unit operasional Semen Indonesia Group, melainkan juga memenuhi standar global.

“Kami memahami pentingnya riset agar dapat memformulasikan pelumas sesuai dengan spesifikasi dan kerja mesin, khususnya mesin dengan teknologi terkini. Kami adaptif, agile dan cepat dalam merespon kebutuhan konsumen,” kata Sari Istiani Rachmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement