Ahad 26 Nov 2023 23:21 WIB

Tottenham Terlempar dari Empat Besar Selepas Dibungkam Aston Villa

Aston Villa mengalahkan Tottenham 2-1 untuk naik ke posisi empat Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain Aston Villa Pau Torres merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pemain Aston Villa Pau Torres merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Tottenham Hotspur dipaksa menyerahkan posisi empat klasemen sementara Liga Primer Inggris kepada Aston Villa. Menjamu Villa di Stadion Tottenham Hotspur pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris, the Lilywhites harus mengakui keunggulan tamunya 1-2, Ahad (26/11/2023) malam WIB.

Sempat unggul lebih dulu via gol Giovani Lo Celso pada menit ke-22, Tottenham kebobolan pada injury time babak pertama melalui gol tandukan Pau Torres.

Baca Juga

Pada babak kedua, The Lilywhites kembali kebobolan pada menit ke-61. Kali ini, lewat lesakan Ollie Watkins. Hingga akhir laga, Tottenham gagal membalas gol Watkins tersebut.

Ini menjadi kekalahan ketiga secara beruntun yang dialami Spurs. Tidak hanya itu, tim besutan Ange Postecoglou itu juga terlempar dari empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris. The Liluwhites menyerahkan posisi empat klasemen sementara setelah tertinggal dua poin dari Villa dengan koleksi 26 poin dari 13 partai.

Untuk pertama kalinya sejak pekan kedua Liga Primer Inggris musim ini, Spurs terlempar dari empat besar klasemen sementara. Sebaliknya, ini menjadi keberhasilan pertama Villa menembus empat besar Liga Primer Inggris musim ini setelah tampil cukup impresif pada awal musim.

Tidak hanya itu, keberhasilan mencuri poin di markas Spurs ini juga melanjutkan tren positif performa Villa setelah memetik kemenangan di dua laga terakhir.

Jalannya laga

Permainan berjalan terbuka dan berlangsung dalam tempo cepat pada awal laga. Kedua tim saling berbalas serangan dan tekanan. Kendati begitu, Spurs memiliki sejumlah kesempatan emas untuk bisa unggul cepat, termasuk saat upaya Dejan Kulusevski masih menyambar tiang gawang. Pun dengan kegagalan Son Heung-Min dalam menanduk bola hasil umpan Destiny Udogie.

The Lilywhites akhirnya benar-benar mencatatkan keunggulan pada laga tersebut. Berawal dari sepak pojok, Lo Celso memanfaatkan bola liar yang bergerak di depan kotak penalti Villa. Bola sedikit berubah arah setelah mengenai lutut Diego Carlos sebelum akhirnya menghujam gawang tim tamu, yang dikawal Emiliano Martinez, pada menit ke-22.

Villa sebenarnya berhasil langsung membalas lewat serangan pertama setelah sepak mula. Villa menyamakan kedudukan lewat gol sundulan Olie Wattkins usai menerima umpan silang Emerson Royal. Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah sekitar tiga menit mengecek keabsahan lewat VAR.

Berdasarkan hasil review VAR, Watkins sudah berada dalam posisi offside saat menanduk bola hasil umpan Emerson. Posisi kaki penyerang asal Inggris terlihat berada di depan pemain bertahan terakhir the Lilywhites. 

Dengan mengandakan kecepatan pemain di dua sisi sayap, Spurs terus membongkar pertahanan Villa. Son sempat menambah keunggulan Spurs pada menit ke-43 setelah memanfaatkan serangan balik cepat. Namun, gol itu dianulir lantaran penyerang asal asal Korea Selatan itu sudah offside saat menerima operan Pierre Emile Hojbjerg 

Aston Villa sukses...

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement