Jumat 22 Dec 2023 07:41 WIB

BI Cermati Sejumlah Risiko yang Berpotensi Ganggu Pengendalian Inflasi

Perry memastikan saat ini, inflasi tetap terjaga dalam kisaran sasaran.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Tangkapan Layar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan Layar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan akan terus mencermati sejumlah risiko yang dapat mengganggu terkendalinya inflasi. Terutama, inflasi yang bersumber dari harga pangan. 

Untuk itu, Perry menegaskan, Bank Indonesia tetap memperkuat bauran kebijakan moneter dan mempererat sinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam TPIP dan TPID melalui penguatan GNPIP di berbagai daerah. "Ini dilakukan untuk memastikan inflasi terkendali dalam kisaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024," kata Perry dalam konferensi pers RDG Bulanan BI Desember 2023, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Perry memastikan saat ini, inflasi tetap terjaga dalam kisaran sasaran. Inflasi IHK November 2023 terkendali pada 2,86 persen secara tahunan sehingga diperkirakan inflasi IHK pada tahun ini akan berada dalam kisaran tiga plus minus satu persen.

"Perkembangan ini dipengaruhi oleh inflasi inti yang tetap rendah sebesar 1,87 persen secara tahunan sejalan dengan konsistensi kebijakan suku bunga dan stabilisasi nilai tukar rupiah oleh Bank Indonesia," jelas Perry.

Selanjutnya, Perry mengatakan, inflasi administered prices juga rendah sebesar 2,07 persen secara tahunan. Sementara itu, inflasi kelompok volatile food naik menjadi 7,59 persen secara tahunan yang dipengaruhi oleh faktor musiman yang memengaruhi produksi beberapa komoditas hortikultura.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَّثَلُ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۗ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاۤءُ وَالضَّرَّاۤءُ وَزُلْزِلُوْا حَتّٰى يَقُوْلَ الرَّسُوْلُ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ مَتٰى نَصْرُ اللّٰهِ ۗ اَلَآ اِنَّ نَصْرَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ
Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.

(QS. Al-Baqarah ayat 214)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement