Selasa 26 Dec 2023 10:27 WIB

Terungkap Rencana Netanyahu Tawari Warga Gaza 'Pindah Sukarela' ke Negara Lain

Otoritas Palestina dan Hamas belum menanggapi pernyataan Israel itu.

Red: Yusuf Assidiq
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Media Israel melaporkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang mendesak rencana menerapkan 'migrasi sukarela' kepada warga Palestina di Gaza dengan tujuan negara-negara lain.

Menurut harian Israel, Hayom, Netanyahu membuat pernyataan tersebut pada sidang parlemen tertutup khusus para anggota parlemen Partai Likud yang berkuasa. "Persoalan kita adalah negara-negara yang mau menerima (warga Gaza itu), dan kita sedang mengusahakannya," kata dia.

Dalam sidang itu, Danny Danon dari Partai Likud, mengungkapkan ada negara-negara yang sebenarnya mengangkat isu tersebut, termasuk Menteri Imigrasi Kanada Marc Miller dan mantan duta besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley yang sedang mengikuti proses penjaringan calon presiden AS dari Partai Republik.

Ia menambahkan Israel harus membentuk komite untuk menindaklanjuti isu tersebut guna memastikan semua orang yang ingin pindah ke negara ketiga dapat melakukannya.

Pada beberapa kesempatan, AS, negara-negara Arab, dan Eropa sudah menyuarakan penolakan tegas terhadap segala bentuk 'migrasi paksa' terhadap warga Palestina di Gaza. Otoritas Palestina dan Hamas belum menanggapi pernyataan Israel tersebut.

Israel menggempur Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, sehingga menewaskan sedikitnya 20.700 warga Palestina yang sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai 54.536 orang.

Sebaliknya, sekitar 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas. Serangan gencar Israel telah menyebabkan kehancuran di Gaza.

Di mana  setengah dari perumahan di wilayah pesisir itu rusak atau hancur dan hampir dua juta orang mengungsi di wilayah padat penduduk tersebut ketika mereka kekurangan makanan dan air bersih yang akut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement