Rabu 27 Dec 2023 06:26 WIB

Pengaruh Erick Thohir Dinilai Cukup Besar untuk Menangkan Prabowo-Gibran

Erick Thohir punya basis massa pendukung yang besar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Analis politik, Arifki Chaniago, menilai dukungan dari Erick Thohir kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan berpengaruh untuk memperbesar peluang kemenangan pasangan nomor urut dua tersebut.

Arifki melihat Erick selain bagian dari menteri di Kabinet Indonesia Maju, ia juga Ketua PSSI dan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang mana pilihan politiknya juga akan memengaruhi pilihan politik para pendukungnya. 

Baca Juga

"Saya melihat tentu pengaruh Erick Thohir cukup besar dalam mendukung Prabowo Gibran. Erick punya segmentasi sendiri untuk memberikan kekuatan kepada pasangan 02," kata Arifki, kepada Republika, Selasa (26/12/2023).

Arifki menyebut nama Erick termasuk salah satu kandidat cawapres favorit sebelum masa pendaftaran ke KPU beberapa waktu lalu selesai. Kekuatan Erick adalah keberhasilannya menanamkan pengaruh kepada kalangan pemilih Islam lewat pendekatan ekonomi syariah. Apalagi Erick lanjut Arifki juga sudah menjadi bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama.