Senin 29 Jan 2024 17:50 WIB

Jamkrindo Jalin MoU Penjaminan KUR dengan BCA

Jamkrindo berharap dukungan BCA jadi kunci perkembangan UMKM

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Logo Jamkrindo
Foto: Jamkrindo
Logo Jamkrindo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melakukan penandatanganan kerja sama penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) dengan dengan PT Bank Central Asia Tbk.

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Henry Panjaitan mengatakan sebagai pioner penjaminan kredit di Indonesia, Jamkrindo senantiasa mendukung program-program strategis Pemerintah. Ia mengatakan kerja sama tersebut merupakan langkah strategis kedua perusahaan untuk memperluas hubungan secara berkesinambungan.

"Sebagai lembaga penjamin di Indonesia, kami berkomitmen untuk terus berfokus terhadap kemajuan sektor UMKM. Kami berharap dukungan dari BCA dalam hal akses ke pembiayaan kelak bisa menjadi kunci sukses dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi, serta perkembangan UMKM,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (29/1/2024).

Sementara itu Direktur BCA, John Kosasih mengungkapkan Kemitraan yang terjalin antara BCA dan Jamkrindo merupakan langkah yang diambil untuk berkontribusi terhadap perkembangan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

BCA melihat sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan perekonomian nasional. BCA menawarkan KUR hingga Rp500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari enam persen efektif per tahun.

Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat terus meningkatkan penyaluran KUR BCA sehingga UMKM Indonesia dapat menghasilkan produk-produk unggulan dan memasarkan produknya tidak hanya di pasar domestik tetapi juga internasional,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Kelembagaan dan Layanan Jamkrindo Abdul Bari mengatakan Jamkrindo senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM kepada lembaga keuangan.

Wujud komitmen tersebut dibuktikan dengan beragam layanan penjaminan yang mempermudah UMKM memperoleh akses pembiayaan kepada lembaga keuangan. Sebagai perusahaan penjaminan, Jamkrindo memiliki peran menjembatani UMKM feasible untuk memperoleh akses pembiayaan dengan layanan penjaminan.

“Adanya kerja sama ini maka UMKM yang memiliki usaha feasible namun belum bankable dapat terbantu memperoleh kredit untuk meningkatkan kapasitas usahanya,” ujar Bari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement