Selasa 30 Jan 2024 00:30 WIB

Apa Betul Tidur dengan Make Up Bikin Roh tak Kenali Jasad?

Konon, orang bisa tak bangun jika tidur dengan kosmetik menempel di wajah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Anak tidur (ilustrasi). Konon, orang bisa tak bangun jika tidur dengan kosmetik menempel di wajah.
Foto:

Ustadzah Mamah Dedeh menegaskan bahwa anggapan soal roh akan bingung untuk kembali ke jasad yang wajahnya masih dihiasi make up tersebut adalah mitos. Dia merujuk Alquran Surat Al Ahzab ayat 33 yang berbunyi , "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya".

"Mitos itu, kalau soal riasan. Boleh dandan, tapi tidak boleh berlebihan," kata Mamah Dedeh saat dihubungi Republika.co.id, Senin (29/1/2024).

Mamah Dedeh juga merujuk QS Al Araf ayat 31. Dia menjelaskan bahwa Allah tidak suka dengan yang berlebih-lebihan.

Istilah "tabarruj" dalam berhias juga berarti melakukan sesuatu yang berlebihan. Tabbaruj itu berlebihan sepeti orang jahiliyah.

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

 

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (QS Al Araf:31).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement