Ahad 25 Feb 2024 11:19 WIB

Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di DIY Hari Ini

Kondisi ini dapat terjadi pada siang hingga sore hari.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Budi Raharjo
Pengendara menggunakan jas hujan menembus hujan di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (17/10/2022). (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengendara menggunakan jas hujan menembus hujan di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (17/10/2022). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi bahwa DIY akan kembali diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Ahad (25/2/2024) ini. Potensi hujan tersebut dapat disertai dengan angin kencang.

Dikatakan BMKG Stamet YIA bahwa kondisi ini dapat terjadi pada siang hingga sore hari. Untuk itu, masyarakat diminta agar mewaspadai dampak yang ditimbulkan akibat potensi hujan tersebut.

"Peringatan dini, waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang," kata BMKG Stamet YIA, Ahad (25/2/2024).

BMKG Stamet YIA menyebut bahwa potensi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang ini dapat terjadi di sejumlah wilayah di DIY. Mulai dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulon Progo bagian utara.

Sedangkan, pada pagi harinya diperkirakan tidak akan terjadi hujan. Untuk malam hari, kondisi cuaca di DIY hari ini diperkirakan akan terjadi hujan namun dengan intensitas ringan.

"Malam hari berpotensi hujan ringan di Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul bagian selatan," ucap BMKG Stamet YIA.

Terkait dengan arah angin, bergerak dari barat ke barat laut dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. BMKG Stamet YIA pun memperkirakan bahwa tidak terjadi gelombang tinggi di perairan selatan DIY pada Ahad (25/2/2024) ini.

"Tinggi gelombang di perairan (selatan) Yogyakarta berkisar antara 1,25 meter sampai 2,5 meter atau kategori sedang," jelas BMKG Stamet YIA.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement