Jumat 01 Mar 2024 21:52 WIB

Keunikan Alquran yang Mampu Mengubah Kehidupan Seseorang

Alquran merupakan kitab suci bagi setiap umat muslim.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Alquran merupakan kitab suci bagi setiap umat muslim dan dianjurkan bagi mereka yang beriman untuk membacanya untuk mendapatkan amalan – amalan sholeh. Alquran memiliki keunikan yang mampu merubah kehidupan bagi orang yang mendekatinya.

“Quran itu unik. Orang – orang yang mampu berinteraksi dengan Quran secara baik, entah itu sekedar membacanya, memahaminya, atau menghafalkannya, maka yang pertama Allah deklarasikan dalam Alquran adalah ia mampu merubah kehidupan orang itu,” kata Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari akun Youtube pribadinya, Adi Hidayat Official, Jumat (01/03/2024).

Baca Juga

Allah SWT menyampaikan bahwa Alquran akan merubah hidup seseorang menjadi lebih baik, seperti yang dimaksud Quran Surah Fatir ayat 32,

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ

Artinya : “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah.”

“Jadi kalau teman – teman membaca Quran dan itu melahirkan ketenangan, kelapangan dalam haati, itu ciri anugerah pertama yang Allah berikan pada kita. Anda boleh buka bacaan apa saja, tidak ada sifat yang sama dengan Alquran. Karena itu baru dibuka, belum dibaca itu sudah merasakan getaran tertentu di jiwa, itulah yang dimiliki Alquran,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Seperti yang dimaksud pada Surah Al-Anfal ayat 2,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement