Jumat 15 Mar 2024 18:10 WIB

Petrokimia Gresik, Anak Usaha BUMN dengan Transformasi Digital Terbaik

Digitalisasi dijalankan Petrokimia Gresik dari proses perencanaan hingga penjualan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Petrokimia Gresik.
Foto:

Dalam program ini juga, Petrokimia Gresik memanfaatkan teknologi drone yang dilengkapi dengan IoT untuk mengaplikasikan pupuk dan pestisida serta untuk mengambil data geo-spasial, soil test kit untuk mengukur unsur hara tanah, serta teknologi Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) yang dapat merekam indeks vegetasi tanaman melalui citra satelit kanal infra merah dan kanal merah. 

"Program Smart Precision Farming ini juga akan dilengkapi dengan penggunaan pupuk berteknologi nano, sehingga lebih optimal penyerapannya oleh tanaman, dimana pupuk ini akan menjadi produk baru dan pertama kali dikembangkan di Indonesia," lanjut Dwi.

Dwi berharap program Smart Precision Farming dan pupuk nano ini akan menjadi game changer pertanian di Indonesia agar menjadi lebih baik. Data yang terekam dari berbagai teknologi ini nantinya dapat digunakan menjadi landasan dosis pemupukan yang presisi sehingga proses pertanian dapat semakin efektif dan efisien. 

"Selain itu, petani juga bisa mendapatkan informasi terkait luas lahan dan database mengenai kondisi tanah di lahannya," sambung Dwi.

 

Dwi menilai Smart Precision Farming dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pertanian Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi modern, sehingga budidaya pertanian dapat dilakukan dengan cara lebih efektif, efisien, dan presisi. Hasilnya pun lebih optimal sehingga pendapatan petani meningkat, dan menarik minat generasi muda Indonesia," kata Dwi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement