Amalan yang Bisa Dilakukan Muslimah Ketika Menstruasi Saat Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 27 Mar 2024 15:41 WIB

Muslimah (ilustrasi). Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan Muslimah ketika mengalami haid atau menstruasi. Foto: Pixabay Muslimah (ilustrasi). Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan Muslimah ketika mengalami haid atau menstruasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan merupakan momen bagi banyak Muslim dan Muslimah untuk memperbanyak ibadah. Meski begitu, sebagian besar Muslimah harus melewatkan sejumlah aktivitas ibadah selama Ramadhan karena menstruasi.

Saat menstruasi, Muslimah tak diperkenankan untuk menjalani ibadah wajib seperti sholat lima waktu dan berpuasa. Situasi ini mungkin membuat banyak Muslimah merasa tak bisa memperdalam pengalaman spiritual di kala Ramadhan.

Baca Juga

Sebenarnya, ada cukup banyak amalan yang bisa dilakukan oleh Muslimah di kala Ramadhan meski sedang menstruasi. Berikut ini adalah delapan amalan di antaranya, seperti dilansir HaveHalalWillTravel pada Rabu (27/3/2024):

1. Memperbanyak doa dan shalawat

Salah satu keindahan dari doa adalah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bahkan ketika seorang Muslimah sedang menstruasi, mereka bisa memanjatkan dua dan bershalawat.

Mengacu pada sejumlah hadits, ada beberapa waktu yang direkomendasikan untuk memanjatkan doa dan shalawat. Sebagian di antaranya adalah ketika bangun tidur, setelah subuh, serta sebelum maghrib. Muslimah yang sedang menstruasi juga bisa melafalkan hafalan surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas sebanyak tiga kali setiap pagi dan malam.

2. Memperbanyak dzikir

Bagi yang belum terbiasa berdzikir, Ramadhan ini dapat menjadi momen untuk memulai kebiasaan berdzikir. Saat sedang menstruasi, Muslimah dapat mempersering dzikir dengan membacanya di pagi hari sebelum beraktivitas, saat istirahat, dan pada malam hari.

3. Meningkatkan sedekah

Bersedekah merupakan sebuah amalan yang tak hanya membawa pahala bagi diri sendiri, tetapi juga manfaat bagi orang lain. Selama Ramadhan, Muslim dan Muslimah juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Amalan ini tetap bisa dilakukan oleh Muslimah meski sedang menstruasi.

Sedekah juga tidak harus dilakukan dalam bentuk materi. Menurut hadits, tersenyum kepada orang lain hingga menyuarakan kebenaran dan mencegah kesalahan juga merupakan bagian dari sedekah.

4. Mendengarkan lantunan ayat Alquran

Saat menstruasi, Muslimah memang tidak diperkenankan untuk menyentuh dan membaca Alquran. Meski begitu, Muslimah dapat mendengarkan lantunan ayat Alquran melalui gawai. Lantunan ayat Alquran ini bisa diputar untuk menemani Muslimah beraktivitas, seperti saat sedang bekerja atau memasak.

5. Memperdalam ilmu agama

Gunakan beragam fasilitas yang ada, seperti ponsel pintar, untuk memperdalam ilmu agama Islam selama menstruasi. Muslimah bisa memperdalam ilmu agama dengan mendengarkan ceramah di berbagai kanal YouTube hingga siaran podcast.

6. Membantu persiapan sahur dan berbuka

Meski tak berpuasa, Muslimah yang sedang menstruasi juga bisa mendulang pahala bila membantu mempersiapkan makan sahur dan berbuka bagi Muslim dan Muslimah lain yang berpuasa. Jangan lupa untuk melantunkan shalawat ketika membantu mempersiapkan menu sahur dan berbuka. Bila memungkinkan, persiapkan makanan lebih untuk dibagikan kepada tetangga atau orang lain yang membutuhkan.

7. Bertobat dan bersyukur

Ketika orang lain menjalankan sholat, Muslimah yang sedang menstruasi bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk memohon pengampunan dari Allah. Selain itu, Muslimah juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengucap syukur dan meminta perlindungan dari Allah.

8. Menyebar cinta dan hal positif

Berbagi cinta dan kegembiraan kepada orang lain, termasuk teman-teman non Muslim, juga dapat menjadi amalan yang baik untuk dilakukan oleh Muslimah ketika menstruasi. Perbuatan baik kepada semua orang tak hanya dapat memunculkan dampak positif bagi diri sendiri, tetapi juga terhadap citra Islam.

Terpopuler