Dishub: 78 Putaran Balik di Jalur Mudik di Karawang Ditutup

Red: Bilal Ramadhan

Jumat 29 Mar 2024 19:20 WIB

Pemudik memadati Jalan Raya Klari, Karawang, Jawa Barat. Dishub Karawang sebut sebanyak 78 putaran balik di jalur mudik Karawang selama mudik. Foto: Republika/Thoudy Badai Pemudik memadati Jalan Raya Klari, Karawang, Jawa Barat. Dishub Karawang sebut sebanyak 78 putaran balik di jalur mudik Karawang selama mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sebanyak 78 u-turn atau putaran balik di sepanjang jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan ditutup untuk memperlancar arus lalu lintas.

"Saat ini dimulai, beberapa u-turn sekarang ini sudah yang mulai ditutup," kata Kasie Manajemen dan Analisis Dampak Lalulintas Dinas Perhubungan Karawang, Anda Saputra, saat dihubungi di Karawang, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa puluhan u-turn yang ditutup itu berada di jalan sepanjang arteri Karawang, mulai dari perbatasan Karawang-Bekasi hingga jalur pantura perbatasan Karawang-Subang. Penutupan putaran balik di jalan arteri Karawang tersebut bagian dari upaya pengamanan mudik lebaran, supaya arus lalu lintas tidak tersendat.

Forum Lalu Lintas Karawang menilai bahwa putaran balik itu merupakan salah satu titik rawan kemacetan. Sehingga untuk memperlancar arus lalu lintas, perlu ditutup selama musim mudik lebaran. Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan bahwa penutupan putaran balik itu sebenarnya sudah dimulai sejak Rabu (27/3) hingga 3 April 2024.

Ia mengatakan, penutupan putaran balik di sepanjang jalan arteri Karawang dilakukan secara bertahap, dan hingga H-10 seluruhnya sudah tertutup semua, menyisakan delapan putaran balik.

Saat ini sudah mulai dilakukan penutupan putaran balik, karena seluruh personel pengamanan mudik akan langsung disebar ke sejumlah titik mulai 4 April 2024. Kapolres menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas penutupan 78 putaran balik di sepanjang jalan arteri Karawang selama musim mudik lebaran.

Terpopuler