H+1 Lebaran, Objek Wisata di Cianjur Dipadati Wisatawan

Red: Bilal Ramadhan

Jumat 12 Apr 2024 17:34 WIB

Sejumlah warga berwisata di tebing Puncak Pass, Cianjur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejumlah objek wisata di Cianjur dari air terjun hingga pantai dipadati wisatawan. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya Sejumlah warga berwisata di tebing Puncak Pass, Cianjur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sejumlah objek wisata di Cianjur dari air terjun hingga pantai dipadati wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat sejumlah obyek wisata di daerah itu pada H+1 dipadati wisatawan yang didominasi pemudik yang pulang ke kampung halamannya mulai dari wisata alam, air terjun hingga pantai selatan.

Kepala Disbudpar Cianjur, Asep Suparman saat dihubungi Jumat (12/4/2024), mengatakan angka kunjungan sudah terlihat meningkat sejak hari kedua lebaran terutama di obyek wisata favorit seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan pantai selatan Cianjur.

Baca Juga

"Laporan petugas di lapangan setiap harinya angka kunjungan meningkat 50 persen di setiap obyek wisata mulai dari wisata alam, air terjun dan pantai, pengunjung didominasi pemudik yang pulang kampung sambil menghabiskan libur panjang hari raya," katanya.

Dia menjelaskan, rata-rata angka kunjungan di obyek wisata favorit sekitar 2.000 orang lebih terlihat dari angka kunjungan ke Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan pantai selatan Cianjur seperti Pantai Cemara di Kecamatan Cidaun.

Pihaknya memprediksi angka kunjungan ke obyek wisata di Cianjur akan terus meningkat hingga H+5 lebaran, seiring habisnya libur panjang hari raya, bahkan pihaknya menargetkan selama libur panjang hari raya angka kunjungan mencapai 200 ribu orang.

"Melihat angka kunjungan tahun lalu pada saat lebaran angka kunjungan mencapai 125 ribu orang, sehingga lebaran tahun ini diperkirakan dapat mencapai angka 200 ribu orang," katanya.

Untuk menjaring wisatawan agar berkunjung ke obyek wisata di Cianjur, pihaknya sudah menambah rambu dan papan penunjuk arah guna memudahkan pemudik dan wisatawan untuk sampai dengan cepat termasuk menambah sarana dan prasarana penunjang termasuk infrastruktur jalan.

"Pemerintah daerah sudah membangun puluhan kilometer jalan menuju obyek wisata andalan di Cianjur, sehingga saat libur hari raya, wisatawan dapat dengan mudah dan cepat untuk sampai," katanya.

General Manager Kebun Raya Cibodas, Joko Sulitio, mengatakan selama libur panjang hari raya, angka kunjungan wisatawan meningkat cukup tinggi, didominasi wisatawan lokal dan Jabodetabek serta pemudik yang sengaja singgah sebelum kembali ke perantauan.

"Pada H+1 lebaran peningkatan cukup tinggi sekitar 50 persen, didominasi wisatawan lokal dan Jabodetabek serta pemudik. Kami memprediksi angka kunjungan akan terus meningkat sampai H+5 lebaran," katanya.

Terpopuler