Senin 24 Jun 2024 07:25 WIB

Ini Jatah Air Zamzam Setiap Jamaah Haji

Setiap jamaah haji pasti mendapatkan air zamzam.

Red: Erdy Nasrul
Air zamzam
Foto: Mgrol105
Air zamzam

REPUBLIKA.CO.ID, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel) menyebut setiap haji Debarkasi Palembang mendapatkan lima liter Air Zamzam sebagai oleh-oleh dari Arab Saudi.

Baca Juga

"Ya, setiap orang mendapat lima liter Air Zamzam sebagai oleh-oleh dari kepulangan mereka dari menunaikan ibadah haji," kata Humas Kanwil Kemenag Sumsel Abdul Qudus di Palembang, Minggu.

Ia mengatakan Air Zamzam tersebut datang lebih awal dari Arab Saudi, tidak bersamaan dengan jamaah haji. Penyalurannya melalui ketua kloter dan akan dibagikan kepada masing-masing haji.

Ia membenarkan jamaah haji dilarang membawa sendiri Air Zamzam dari Arab Saudi sesuai regulasi yang berlaku.

Pada kesempatan terpisah, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan menyampaikan arahan agar para panitia bekerja maksimal menyambut kedatangan jamaah haji.

Ia juga meminta agar panitia dapat menyiapkan skema penyambutan, baik saat di Bandara SMB II Palembang maupun ketika masuk asrama haji, sehingga proses kedatangan jamaah berjalan tertib dan lancar.

“Pahami tugas masing-masing dengan baik, bekerjalah maksimal dalam proses penyambutan jamaah haji, berikan pelayanan terbaik dalam menyambut kedatangan tamu Allah. Jangan lupa selalu berkoordinasi dengan setiap bidang di kepanitiaan ini,” katanya.

Sebelumnya, PPIH menjelaskan Jamaah haji Indonesia dilarang membawa Air Zamzam di dalam koper bagasi saat kepulangan ke tanah air, menyesuaikan aturan penerbangan terkait barang bawaan.

"Terkait barang bawaan nanti, kami mengimbau jamaah untuk mematuhi aturan penerbangan terkait barang bawaan," ujar Kepala Daker Bandara Abdillah di Makkah, beberapa waktu lalu.

Abdillah menjelaskan bahwa koper bagasi akan diangkut terlebih dahulu oleh maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Ia menyebut jamaah hanya boleh membawa dua tas.

Barang yang boleh dibawa jamaah saat melakukan perjalanan pulang hanya satu tas kabin dengan berat tujuh kilogram beserta tas selempang kecil berisi paspor dan dokumen penting.

Kemudian satu tas bagasi berat 32 kg yang akan diangkut dengan kargo pesawat.

"Jadi tidak dibenarkan jamaah membawa barang bawaan lebih dari dua tas tersebut," kata dia.

Menurut dia, koper kabin jamaah akan diperiksa oleh otoritas bandara. Apabila kedapatan membawa Air Zamzam maka akan dilakukan pembongkaran saat melakukan check in.

Mengacu pada GACA Authority KSA, Air Zamzam ukuran apa pun dan kemasan apa pun dilarang dimasukkan ke dalam tas bawaan penumpang, tas jinjing, maupun koper bagasi.

Jadwal kepulangan jamaah haji Indonesia gelombang pertama akan dimulai 22 Juni. Kepulangan jamaah haji Indonesia akan dilakukan di dua bandara, Madinah dan Jeddah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement