Sabtu 06 Jul 2024 16:14 WIB

Southgate Sebut Mental Inggris Semakin Membaik Jelang Hadapi Swiss

Inggris akan berebut tiket semifinal dengan Swiss pada laga malam ini di Dusseldrof.

Red: Israr Itah
Pelatih Inggris Gareth Southgate
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Pelatih Inggris Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menyebut mental anak-anak asuhnya sudah semakin membaik setelah mengalahkan Slovakia dengan skor 2-1 pada babak 16 besar Euro 2024 Jerman, Ahad (30/6/2024) lalu.

Inggris bermain jauh dari kata memuaskan selama empat laga di Euro 2024. Southgate sebagai pelatih mengatakan Harry Kane dan kawan-kawan tampil kurang lepas karena banyak ekspektasi besar kepada timnya.

Baca Juga

Namun, menjelang laga perempat final melawan Swiss di Esprit Arena, Dusseldorf, pada Sabtu pukul 23.00 WIB nanti, pelatih 53 tahun itu mengatakakan mental anak-anak asuhnya sudah berbeda. Ia yakin timnya akan tampil lebih baik melawan Granit Xhaka dan kawan-kawan.

"Terdapat banyak ekspektasi terhadap tim khususnya di awal turnamen, jadi saya rasa tim, bahkan saat latihan, sekarang terlihat berada di posisi yang berbeda secara mental. Mereka terlihat lebih cair dan saya memperkirakan kami akan bermain baik besok,” kata Southgate, dikutip dari AFP, Sabtu.

“Semakin lama para pemain berada di sini, semakin besar keyakinan mereka, semakin sedikit pengaruh dari luar dan mereka bisa melihat peluang," tambahnya.

Pelatih 53 tahun itu dikabarkan akan mengubah formasi dengan peralihan ke tiga bek dalam upaya untuk memulai penampilan lesu Inggris yang kurang kurang meyakinkan dari empat laga.

Dia akan dipaksa melakukan setidaknya satu perubahan karena Marc Guehi diskors dan Luke Shaw yang bisa membuat penampilan pertamanya untuk klub atau negara sejak Februari setelah dinyatakan fit.

Sementara itu, Pelatih Swiss Murat Yakin hanya berharap keberuntungan ada di pihaknya lagi setelah pada babak 16 besar menyingkirkan juara bertahan Italia dengan skor 2-0.

"Inggris mencapai final tiga tahun lalu dan semua orang tahu betapa bagusnya mereka, dan betapa hebatnya para pemain mereka punya. Terserah pada kami untuk menggagalkan tim besar lainnya dan memainkan laga yang kami tahu cara bermainnya. Saya hanya berharap keberuntungan ada di pihak kami lagi," kata Murat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement