Rabu 10 Jul 2024 20:30 WIB

Hendra Setiawan: Turnamen Junior Internasional untuk Pengembangan Prestasi Pebulu Tangkis Muda

Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 diharapkan menghadirkan pemain muda potensial di tiap nomor untuk menggantikan para senior di kancah bulu tangkis Indonesia.

Rep: Tim Cari Cuan/ Red: Partner
.
Foto: network /Tim Cari Cuan
.

Penyelenggaraan turnamen bulu tangkis Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 yang berlangsung di GOR Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan. (Foto: PB Jaya Raya)
Penyelenggaraan turnamen bulu tangkis Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 yang berlangsung di GOR Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan. (Foto: PB Jaya Raya)

NEWS -- Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, menyambut baik penyelenggaraan turnamen Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 yang berlangsung di GOR Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, tercatat 17 negara yang bertanding, yakni dari India, Malaysia, Iran, Kanada, Korea, Taipei, Kolombia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Myanmar, Jepang, Singapura, Sri Lanka, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Perhelatan untuk pebulu tangkis junior ini berhadiah total 25.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 374 juta dan berlangsung pada 9-14 Juli 2024.

Sebagai pemain yang pernah dibina klub Jaya Raya, Hendra mengatakan, keikutsertaan pemain junior khususnya dari Jaya Raya patut diberikan apresiasi serta dukungan. Diharapkan melalui turnamen Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 ini akan hadir pemain muda potensial di tiap nomor untuk menggantikan para senior di kancah bulu tangkis Indonesia maupun mancanegara.

“Jadikan turnamen ini untuk mengembangkan prestasi pemain junior, mengasah kemampuan kalian dan berproses menjadi juara serta mengharumkan nama Indonesia melalui bulu tangkis,” ujar Hendra melalui keterangan tertulis, Rabu (10/7/2024).

Pebulu tangkis ganda putra legendaris ini menambahkan, turnamen tersebut bisa menambah semangat bertanding menyusul banyaknya pemain mancanegara yang turut serta dan dipastikan para pemain junior bisa merasakan berlaga di ajang internasional.

Pasangan bermain Muhammad Ahsan ini memberikan dukungan penuh bagi berlangsungnya turnamen ini secara konsisten demi hadirnya pemain-pemain muda berpotensi. “Semoga turnamen ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan mari dukung pemain junior untuk bisa meraih prestasi terbaik,” jelas Hendra.

Rosiana Tendean selaku Tournament Director berharap ajang ini terus digelar setiap tahunnya. Hal ini terkait dengan kesempatan kepada para pemain junior lokal untuk bisa bertanding sekaligus mendapat poin. Untuk U-15 dan U-17 mendapatkan poin dari Badminton Asia, sedangkan untuk U-19 mendapatkan poin dari Federasi Badminton Dunia atau BWF.

“Saya berharap ini tetap ada tiap tahun dan tetap mendapat kepercayaan dari Badminton Asia untuk menggelar turnamen ini. Sebab para pemain junior bisa mendapat poin tanpa harus bertanding ke luar negeri. Untuk itu, kualitas pemain-pemain junior lokal harus bagus untuk bisa bermain di turnamen ini,” ujar Rosi.

Strategi Bertahan

Dalam kesempatan berbeda, pebulu tangkis U-19 Jaya Raya, Ryan Putra Widyanto, mengaku gembira bisa melaju ke babak ketiga setelah menghentikan Farrel Aldo Garcia 21-10, 21-10. Strategi bertahan dan mencegat lawan di depan ternyata berjalan dengan baik.

“Senang rasanya bisa menang. Strategi bertahan dan mencegat lawan di depan net berjalan sesuai harapan. Walau performa sedikit menurun karena bermain dua kali dalam satu hari,” ujar Ryan.

Pebulu tangkis ganda campuran U-17 dari PB Jaya Raya, Muhammad Vito Annafsa/Nur Aliah Rahma. (Foto: PB Jaya Raya)
Pebulu tangkis ganda campuran U-17 dari PB Jaya Raya, Muhammad Vito Annafsa/Nur Aliah Rahma. (Foto: PB Jaya Raya)

Laga selanjutnya, pemain unggulan enam ini bakal menemui lawan dari Hong Kong, Awan Usman, yang sebelumnya mengalahkan tuan rumah Luis Fernando Joseph 21-11, 21-5. “Saya gunakan waktu istirahat sehari ini dengan berlatih fisik saja dan tidur serta makan teratur. Soal kesiapan, nanti lihatbdi lapangan saja,” kata Ryan.

Ganda campuran U-17 dari Jaya Raya, Muhammad Vito Annafsa/Nur Aliah Rahma, mengalahkan duet Malaysia, Ungku Ameer/Teh Si Yan 21-19, 21-18 di babak kedua. Keduanya mengaku bisa menang karena komunikasi intensif untuk menjaga kekompakan bermain.

“Pertandingan berlangsung ketat dan kami coba imbangi permainan lawan. Tapi coba bangun komunikasi yang intens agar lebih kompak,” ujar Vito.

“Komunikasi lebih dikembangkan lagi agar lebih enak bermain,” sambung Aliah.

Di babak selanjutnya, ganda campuran non-unggulan ini menghadapi unggulan teratas dari Hong Kong, Cheung Sai Shing/Liu Hoi Kiu.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement