Jumat 12 Jul 2024 10:28 WIB

Menteri Bahlil: Hilirisasi Jalan ke Arah Indonesia Emas

Hilirisasi diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan nilai tambah.

Rep: Kadaharan/ Red: Partner
.
Foto: network /Kadaharan
.

JAKARTA -- Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan hilirisasi akan membantu mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada 2045. Bahlil meyakini hilirisasi ialah salah satu jalan guna menciptakan sumber pendapatan negara

“Kalau kita mau menuju Indonesia emas, pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7 persen. Pendapatan perkapita kita harus di atas 10 ribu dolar AS. GDP kita harus 5-6 terbesar di dunia. Oleh karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi,” kata Bahlil ketika menghadiri Kuliah Umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (17/7/2024).

Bahlil meyakini salah satu mesin pendongkrak ekonomi adalah hilirisasi. Bahlil menyebut Kementerian Investasi membuat “Desain Besar untuk Hilirisasi” baik di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

“Kita menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” ujar Bahlil.