Kamis 18 Jul 2024 08:38 WIB

Di Abu Dhabi, Jokowi Kunjungi dan Sholat di Masjid Presiden Joko Widodo

Masjid Joko Widodo seluas 3.766 m2 dapat menampung sekitar 2.500 jamaah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sholat di  Masjid Presiden Joko Widodo di sela kunjungan kenegaraan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Rabu (17/7/2024).
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sholat di Masjid Presiden Joko Widodo di sela kunjungan kenegaraan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Rabu (17/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mengunjungi Masjid Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungan kenegaraan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Rabu (17/7/2024). Bahkan, Jokowi menyempatkan sholat dan menjadi imam di masjid yang diambil dari namanya tersebut.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (18/7/2024) dini hari WIB, kunjungan itu dilakukan usai Presiden Jokowi disambut secara kenegaraan di Qasr Al Watan oleh Presiden UEA, Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Jokowi tiba di masjid sekitar pukul 14.20 waktu setempat dan langsung mengambil wudhu.

Baca: PT PAL Siapkan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991 untuk Misi ke Gaza 

Setelah itu, Presiden Jokowi masuk ke area shalat laki-laki dan melaksanakan sholat sunah Tahiyatul Masjid. Selepas mengerjakan shalat dua rakaat, Jokowi kemudian menjadi imam dan memimpin shalat Zuhur dan Ashar secara jamak qasar.

Dalam shalat tersebut tampak turut serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazrouei, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, dan Dubes UEA untuk RI Abdullah Salem Al Dhaheri.

Baca: Prabowo Mengaku Ingin Segera Mengunjungi Papua Nugini

Turut serta pula Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana, serta perangkat terbatas lainnya.

Selepas melaksanakan shalat fardu, Presiden Jokowi berdoa bersama yang dipimpin oleh Chairman Awqaf (General Authority of Islamic Affairs and Endowments) Omar Habtoor Al Darei. Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis, menyampaikan, kunjungan ini merupakan momen bersejarah karena merupakan kali pertama RI 1 berkunjung ke Masjid Presiden Jokow.

"Sejak diresmikan pada 14 Desember 2023, ini adalah kali pertama Bapak Presiden dapat mengunjungi dan melaksanakan sholat di masjid yang diberi nama dengan nama beliau, yang merupakan penghormatan atas kontribusi beliau dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan PEA," ujar Dubes Husin Bagis dalam keterangan tertulisnya.

Baca: KSAU Anugerahkan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama ke 4 Pati TNI AU

Masjid Joko Widodo di Abu Dhabi terletak di area diplomatik Abu Dhabi dan dilalui Jalan Presiden Joko Widodo. Masjid Joko Widodo dapat menampung sekitar 2.500 jamaah Masjid tersebut berdiri di lahan seluas lebih kurang 3.766 meter persegi (m2) dan dibangun dengan pendanaan dari pihak UEA.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement