Sabtu 27 Jul 2024 11:06 WIB

Panglima TNI Ganti Kapuspen, Kadispenad, dan Pangdam Cenderawasih

Mayjen Kunto Arief Wibowo digeser menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas.

Red: Erik Purnama Putra
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.
Foto: Republika/Prayogi
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan promosi terhadap 256 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Mutasi itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 dan hasil sidang Wanjakti pada 18 Juli 2024.

Di antara yang dimutasi adalah Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI dari Mayjen R Nugraha Gumilar kepada Brigjen Hariyanto. Nugraha akan menjadi dosen Universitas Pertahanan (Unhan).

Baca: Pangkoopsudnas Ikut Terbang dan Bermanuver Bersama Jet Rafale

Adapun Hariyanto sebelumnya merupakan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih. Dengan promosi tersebut, Hariyanto akan berpangkat mayjen sebagai Kapuspen TNI.

Pos Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) juga diganti dari Brigjen Kristomei Sianturi diserahkan kepada Kolonel Wahyu Yudhayana. Kristomei digeser menjadi Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil. Adapun Wahyu yang akan berpangkat brigjen sebelumnya menjabat Komando dan Pengendalian Angkatan Darat (Kapuskodalad).

Baca: Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo Resmi Jabat Kapendam Tanjungpura

Pergeseran juga menimpa Wakil Komandan Kodiklatad dari Mayjen Kunto Arief Wibowo kepada Mayjen Izak Pangemanan. Mayjen Kunto digeser menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas. Adapun Mayjen Izak meninggalkan pos Pangdam XVII/Cenderawasih dan akan digantikan Mayjen Rudi Puruwito.

Untuk posisi Pangdivif 1 Kostrad yang ditinggalkan Mayjen Rudi Puruwito akan diduduki Brigjen Novi Rubadi Sugito. Novi yang sebelumnya merupakan Kasdivif 1 Kostrad akan mendapat kenaikan satu bintang.

Baca: Sebelum ke Papua, Satgas Yonif 512/QY Dilatih Dulu di Batujajar

Pangdam Udayana promosi...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ اَنَّ اللّٰهَ بَرِيْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ ەۙ وَرَسُوْلُهٗ ۗفَاِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَاِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِى اللّٰهِ ۗوَبَشِّرِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ
Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar, bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertobat, maka itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih,

(QS. At-Taubah ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement