Selasa 30 Jul 2024 11:45 WIB

Dokter Sarankan Galon Minum Aman untuk Anak, Le Minerale Jamin 100 Persen Bebas BPA

Kesehatan merupakan salah satu faktor utama dalam perkembangan dan pertumbuhan anak.

Red: Gita Amanda
Talkshow Festival Hari Anak Nasional bertajuk
Foto: Le Minerale
Talkshow Festival Hari Anak Nasional bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan merupakan salah satu faktor utama dalam perkembangan serta pertumbuhan anak. Selain asupan makanan dan minuman yang bernutrisi, memerhatikan keamanan wadah makanan dan minuman yang digunakan oleh anak juga tak kalah penting.

Pasalnya, saat ini masih banyak beredar wadah kemasan plastik yang mengandung zat kimia BPA. Paparan Bisphenol A (BPA) pada wadah makanan dan minuman perlu menjadi perhatian karena dapat memicu berbagai gangguan kesehatan serius. 

Baca Juga

Hal ini juga diungkapkan oleh dokter spesialis anak dr Kanya Ayu Paramastri Sp A, saat diskusi dalam acara Talkshow Festival Hari Anak Nasional bertajuk  "Anak Indonesia Sehat Bebas BPA", di Taman Anggrek, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu. Dokter Kanya menjelaskan bahwa masih banyak ibu yang kurang paham mengenai BPA dan dimana BPA itu terdapat.

“Bisphenol A (BPA) yang sering ditemukan dalam wadah kemasan makanan minuman, dan juga pada galon air minum yang biasanya ditandai dengan kode plastik no 7, adalah bahan kimia industri yang digunakan dalam pembuatan plastik polikarbonat dan resin epoksi. Penelitian telah menunjukkan BPA dapat masuk ke dalam makanan dan minuman, terutama jika kemasan terkena panas atau dipakai berulang dalam jangka waktu lama. BPA berpotensi bahaya jika masuk ke tubuh anak-anak, karena akan terakumulasi hingga mereka dewasa," ujar dr Kanya seperti dalam siaran persnya.