Rabu 31 Jul 2024 22:34 WIB

Program Gemilang, Antarkan Pertamina Pendopo Field Raih Proper Emas

Gemilang kependekan dari Perempuan Lestarikan Alam Melalui Konservasi Pinang.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Kegiatan seorang ibh dalam program Perempuan Lestarikan Alam Melalui Konservasi Pinang.
Foto: Dok. Per
Kegiatan seorang ibh dalam program Perempuan Lestarikan Alam Melalui Konservasi Pinang.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSI RAWAS -- Proper Emas diraih Pendopo Field melalui CSR Program Gerakan Perempuan Lestarikan Alam Melalui Konservasi Pinang (GEMILANG). Pendampingan kelompok wanita tani dalam pemanfaatan pinang. Tak hanya menambah pendapatan tapi juga melestarikan lingkungan. Dampak sosialnya, KWT menjadi ajang menularkan pengetahuan. Tak heran jika program ini mendampatkan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 3,44 (sangat baik) dan Social Return of Investment (SROI) dengan nilai sebesar 1,70.

Wayan Sumerta, Field Manager PT. Pertamina EP Pendopo Field, menunjukkan piala Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) Emas yang diraih tahun 2023. Wilayah PHR Regional Sumatera Zona 4 mencatat rekor baru. PEP Limau Field dan PEP Pendopo Field meraih PROPER Emas 2023. Ada kebanggaan sekaligus tantangan. Bangga karena mencatat sejarah, kawasan ini belum pernah mendapatkan penghargaan ini. Tantangan berikutnya adalah mempertahankan.

Baca Juga

“Bagi saya, Proper Emas adalah bonus. Yang utama, kehadiran kami di sini bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan turut menjaga lingkungan,” kata Wayan, Rabu (31/7/2024).

Dampak positif perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan adalah sebuah pencapaian perusahaan. Dua hal inilah yang ingin diwujudkan Pendopo Field dengan program corporate social responsibility (CSR) berupa pendampingan KWT (Kelompok Wanita Tani) Melati di Desa Sukarya, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas.