Senin 05 Aug 2024 15:45 WIB

Pertebal Nasionalisme Generasi Muda, DPP LDII Helat Gerakan Kerja Bakti Nasional

Kerja bakti nasional merupakan agenda tahunan DPP LDII.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
DPP LDII menghelat Kerja Bersama Bakti untuk Negeri di Utan Kota Kemayoran Jakarta, pada Ahad (4/8/2025).
Foto: Dok. Web
DPP LDII menghelat Kerja Bersama Bakti untuk Negeri di Utan Kota Kemayoran Jakarta, pada Ahad (4/8/2025).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP LDII menghelat “Kerja Bersama Bakti untuk Negeri” di Utan Kota Kemayoran Jakarta, pada Ahad (4/8/2025). Rangkaian kegiatan kerja bakti meliputi membersihkan area Utan Kota Kemayoran, penanaman pohon, dan edukasi penangkaran burung.

Ketua DPP DPP LDII dan Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat DPP LDII Rubiyo mengungkapkan kerja bakti nasional merupakan agenda tahunan DPP LDII dalam menyambut HUT RI. Dengan kerja bakti nasional itu, LDII berupaya meningkatkan rasa nasionalisme dan semangat gotong-royong dalam menjaga lingkungan hidup, terutama bagi generasi muda. “Ini adalah salah satu bentuk dari implementasi ‘8 Bidang Pengabdian LDII untuk Bangsa’ yang salah satunya ada di bidang pangan dan lingkungan hidup,” ujar dia.

Baca Juga

Ia melanjutkan kegiatan di Utan Kota Kemayoran merupakan awal dari rangkaian gerakan kerja bakti nasional, yang dicanangkan oleh DPP LDII di 38 provinsi sepanjang Agustus. “Kami mulai dari kegiatan ini sebagai *kick off* yang selanjutnya akan diteruskan di tingkat DPW, DPD, PC, PAC dan Ponpes/ sekolah di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kegiatan itu, DPP LDII dan para relawan menanam benih pohon ketapang kencana atau yang dikenal dengan nama ilmiah Terminalia Mantaly. Pohon tersebut merupakan salah satu plasma nutfah, atau substansi sumber sifat dan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.