Ahad 18 Aug 2024 09:43 WIB

Potensi Wirausaha Pesantren di Aceh Diangkat Amanah Lewat Lomba Karya Jurnalistik Dayah

Karya tulis dan video terbaik dari para santri mendapatkan penghargaan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Proses penjurian karya tulis dan video dari para santri di Aceh.
Foto: Dok. Web
Proses penjurian karya tulis dan video dari para santri di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Lomba Karya Jurnalistik Dayah buatan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) menjadi ajang unjuk potensi kewirausahaan pesantren (dayah). Karya tulis dan video terbaik dari para santri mendapatkan penghargaan dalam lomba tersebut.

“(Lomba) ini melatih santri untuk terbiasa menulis. Jadi, dengan kita terbiasa menulis, masyarakat jadi tahu apa yang dikerjakan oleh santri. Seperti apa kehidupan santri sehari-hari,” kata salah seorang juri, Hendra Saputra, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga

Untuk kategori karya tulis, peserta yang menjadi juara adalah Wilda Shaleha dari Dayah Babussalam Al Aziziyah. Posisi kedua dimenangkan Syahrul Akhyar dari Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dan posisi ketiganya diraih Harwalis dari Dayah Al Madinatul Munawwarah Al Waaliyah.

Juara karya video diberikan kepada Baihaki dari Dayah Bustanu Malikussaleh. Karyanya mengungguli peserta lain, termasuk dari Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga yang memenangkan peringkat kedua atas nama Muhammad Zakki dan Al Murtaza di peringkat ketiga.