Selasa 20 Aug 2024 23:04 WIB

Lazis ASFA Bantu Veteran Pengusung Tandu Jenderal Sudirman

Lazis ASFA mengimbau setiap orang untuk mengingat jasa pahlawan.

Red: Erdy Nasrul
Memberikan santunan sejumlah uang kepada veteran pengusung tandu Jenderal Sudirman Muhammad Amin (114) tahun di Lampung Timur.
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Memberikan santunan sejumlah uang kepada veteran pengusung tandu Jenderal Sudirman Muhammad Amin (114) tahun di Lampung Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Orang besar adalah mereka yang menghargai para pendahulunya, para pejuang yang dahulu angkat senjata mengorbankan nyawa. Tujuannya untuk menggapai kemerdekaan yang kini dinikmati bersama.

“Kita semua saat ini menikmati perjuangan para pahlawan, salah satunya adalah Bapak Muhammad Amin yang kini sudah berusia 114 tahun,” kata Kepala Divisi Pengumpulan Dana Lazis Assalam Fil Alamin (ASFA) Maulana Darsono dalam keterangannya pada Selasa (20/8/2024).

Baca Juga

Veteran tersebut merupakan pengusung tandu Panglima Besar Jenderal Sudirman yang bergerilya dengan susah payah: memobilisasi pasukan tempur bergerilya di banyak titik, sehingga membuat penjajah bingung, hingga akhirnya kalah dalam berbagai pertempuran.

Di hari tuanya, Muhammad Amin tidak lagi sekuat dulu mengusung tandu dan berjalan ke berbagai tempat. Dia kini melewati hari demi hari dengan berbagai permasalahan masa tua: tenaga yang lemah dan penyakit yang diderita.