Senin 26 Aug 2024 17:34 WIB

Buffer Zone Kilang Balongan Mulai Dibangun

Pembangunan buffer zone dilakukan dalam beberapa tahap.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Satria K Yudha
Para petani sedang panen di areal sawah yang tak jauh dari proyek turn around PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Para petani sedang panen di areal sawah yang tak jauh dari proyek turn around PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Area penyangga (buffer zone) di Kilang Balongan mulai dibangun. Hal itu sebagai upaya Pertamina untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan di wilayah kilang maupun masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

Dimulainya pembangunan buffer zone itu ditandai dengan groundbreaking yang dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Senin (26/8/2024). Bupati Indramayu Nina Agustina turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Momentum peresmian pembangunan itu pun menandai dimulainya pekerjaan pelebaran jalan Sukaurip-Sukareja, yang menjadi rangkaian implementasi buffer zone di area Kilang Balongan. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, perusahaan mengemban tugas penting untuk menjaga ketahanan energi nasional dengan menghasilkan produk BBM berkualitas. Meski demikian, di saat yang bersamaan, Pertamina juga harus tetap menjaga keamanan masyarakat sebagai pemangku kepentingan yang strategis.

‘’Groundbreaking ini adalah tahap pertama. Tahap berikutnya, kita akan masuk ke Blok Kosambi,’’ ujar Nicke.