Rabu 28 Aug 2024 18:28 WIB

Marinir TNI AL dan USMC Latihan Bersama Evakuasi Medis

Latihan evakuasi medis merupakan rangkaian Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2024.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

Marinir TNI AL bersama United States Marine Corps melaksanakan latihan evakuasi medis. Sumber: Seputarmiliter.id
Marinir TNI AL bersama United States Marine Corps melaksanakan latihan evakuasi medis. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2024 juga diikuti prajurit Marinir TNI AL. Dalam latihan bersama dengan United States Marine Corps atau Marinir AS, Marinir TNI AL melaksanakan latihan evakuasi medis di Lapangan Tembak FX Soepramono Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/8/2024).

Latihan evakuasi medis diawali dengan pemberian materi pertolongan pertama pada korban tembak saat di medan pertempuran. Kemudian, dilanjutkan praktik tata cara mengevakuasi korban. Pertolongan pertama yang dilakukan mulai penghentiann perdarahan, pemeriksaan fisik korban, penanganan terhadap luka, dan evakuasi korban di medan pertempuran.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 5 Marinir Letkol Marinir Ahmad Fauzi menjelaskan, latihan tersebut selain untuk menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik antara kedua negara yang sudah terjalin, juga untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjaga dan menyelamatkan pasukan di medan pertempuran. Dengan begitu, mereka bisa lebih terlatih ketika menghadapi situasi tersebut.

"Laksanakan latihan dengan penuh semangat, serap semua ilmu maupun pengetahuan yang diberikan dengan tetap mengutamakan keselamatan personel dan material," ujar Ahmad selaku Perwira Pelaksana (Palaklat) Amphibious Exercise Latgabma SGS tahun 2024.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement