Jumat 30 Aug 2024 23:33 WIB

Laznas Yakesma Luncurkan Program Beasiswa Pendidikan Masyarakat Pedalaman di NTT

Laznas Yakesma akan terus gulirkan program beasiswa.

Red: Erdy Nasrul
Simbolis penyerahan Beasiswa Cendekia Madani kepada Anak NTT oleh Direktur Utama Laznas Yakesma dan Kepala Kanwil Kemenag NTT
Foto: Yakesma
Simbolis penyerahan Beasiswa Cendekia Madani kepada Anak NTT oleh Direktur Utama Laznas Yakesma dan Kepala Kanwil Kemenag NTT

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG — Laznas Yakesma resmi meluncurkan Program Beasiswa Cendekia Madani di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 29 Agustus 2024. Acara ini diadakan secara hybrid, dihadiri oleh Pimpinan Kemenag RI, BAZNAS, mitra, tokoh masyarakat dan seluruh karyawan Yakesma.

Romdlon Hidayat, S.Sos.I, M.Soc.Sc., dalam paparannya, mengungkapkan bahwa Laznas Yakesma sejak berdiri pada tahun 2011 telah memberikan beasiswa kepada anak-anak di seluruh Indonesia. Di empat tahun terakhir Yakesma semakin intensif dalam memperluas jangkauan penerima beasiswa hingga pedalaman Indonesia.

Baca Juga

“Kami memiliki 34 kantor cabang di seluruh Indonesia. Program Beasiswa Cendekia Madani ini merupakan salah satu upaya kami untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem dan meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia,” ujarnya.

Romdlon Hidayat menambahkan bahwa di NTT, program beasiswa ini akan memberikan bantuan kepada 50 penerima beasiswa, yang terdiri dari 40 siswa tingkat SD hingga SMA, serta 10 guru yang belum menyelesaikan pendidikan S1.

Sahabudin, Ak. M.M., Direktur Utama Laznas Yakesma menyampaikan apresiasinya atas dukungan berbagai pihak dalam pelaksanaan program ini. “Terima kasih atas dukungan dan atas support dari berbagai pihak untuk dalam rangka launching sebuah program unggulan kami yaitu beasiswa Cendekia Madani program ini memang sudah berjalan di sejak kami berdiri ataupun bergerak memberdayakan zakat,” ujarnya.

Sahabudin menambahkan bahwa selain memberikan beasiswa, Laznas Yakesma turut memfasilitasi program magang untuk mahasiswa semester akhir, pelatihan kerja untuk lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, serta sarana pembinaan wirausaha.

"Terhitung dari tahun 2020 kami telah mencapai 11.500 penerima manfaat dari program beasiswa ini, dan tahun ini kami menargetkan tambahan 5.000 siswa, termasuk di pelosok negeri seperti NTT,” tambahnya.

Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, turut memberikan apresiasi atas inisiatif ini. “Terima kasih yang sebesar besarnya dan apresiasi kepada Laznas Yakesma yang memiliki program Beasiswa Cendekia Madani. Komitmen kita bersama adalah memajukan sumber daya manusia,” ujarnya.

Achmad Sudrajat, Lc., M.A., Pimpinan Koordinasi Nasional BAZNAS RI, memberikan apresiasi dan menekankan bahwa program ini merupakan investasi jangka panjang untuk membangun bangsa Indonesia. “Program beasiswa ini merupakan investasi jangka panjang yang akan membangun bangsa Indonesia secara umum. Yakesma dengan namanya Kesejahteraan Madani menjadi sebuah bagian penting untuk menafsirkan secara teknis kesejahteraan masyarakat di dalam menjalankan amanah amanah ini,” katanya.

Kepala Kanwil NTT, Reginaldus Saverinus Seli. Serang, S.Fil., M.Th., juga menyambut baik peluncuran program ini. “Kita tentu berterima kasih karena Laznas Yakesma Memberi perhatian penuh kepada warga NTT pada peningkatan mutu pendidikan. Tentu harus terus bersinergi dalam rangka pemanfaatan zakat infak dan sedekah baik berskala nasional juga kita di Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ungkapnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement