Rabu 04 Sep 2024 21:30 WIB

Shin Tae-yong Sanjung Arab Saudi Lawan Tangguh dan Punya Skill Individu Mumpuni

Arab Saudi menempati ranking 56 FIFA, sementara Indonesia di posisi ke-133.

Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (tengah) bersama pemain timnas Indonesis Jay Idzes (kanan) saat konferensi pers jelang laga perdana Grup C putran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi pada Jumat (6/9) waktu Arab Saudi besok di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (4/9/2024).
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (tengah) bersama pemain timnas Indonesis Jay Idzes (kanan) saat konferensi pers jelang laga perdana Grup C putran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi pada Jumat (6/9) waktu Arab Saudi besok di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (4/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyanjung Arab Saudi setinggi langit jelang pertemuan kedua tim di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Arab Saudi akan menjamu Indonesia di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Arab Saudi merupakan salah satu kekuatan Asia dan termasuk negara langganan lolos ke putaran final Piala Dunia. Saat ini, the Falcons menempati ranking ke-56 FIFA. Berbeda dengan Indonesia yang mencicipi Piala Dunia saat masih membawa nama Hindia Belanda pada tahun 1938. Tim Garuda menempati posisi 133 di peringkat FIFA.

Baca Juga

Indonesia juga tak pernah menang setiap bertemu Arab Saudi. Satu hasil imbang pada laga uji coba merupakan yang terbaik didapatkan skuad Garuda. Belum lagi Arab Saudi ditangani pelatih kaliber dunia Roberto Mancini.

Fakta-fakta ini disadari oleh Shin. Tak berlebihan jika pelatih asal Korea Selatan ini memuji lawannya sebagai tim tangguh dengan skill individu yang mumpuni.

"Kami memiliki pemain yang punya fisik dan teknik sangat baik. Hal ini sangat berguna untuk kami bermain melawan Arab Saudi di kandang mereka. Terlebih mereka punya pelatih sekaliber Roberto Mancini yang solid dalam mengorganisasi tim. Hal itu yang akan menjadi kekuatan Arab Saudi," kata Shin dalam konferensi pers Rabu (4/9/2024).

Namun Shin menerima pujian dari salah satu awak media luar bahwa timnas Indonesia terus berkembang di bawah asuhannya. Indonesia berusaha terus meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dengan kekuatan top sepak bola Asia dan dunia.

"Saya tidak bisa mengatakan sampai level mana yang bisa kami capai. Jadi, target pribadi dan keinginan saya selama masa kontrak saya, sebelum saya menyelesaikan kontrak saya, saya sangat ingin tim nasional kami berada di level setinggi mungkin di Asia," ujarnya.

"Finis di peringkat kedua pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia itu merupakan pencapaian yang luar biasa untuk Indonesia. Sekarang kami telah menembus putaran ketiga, kami ingin membuat sejarah yang luar biasa lagi untuk Indonesia. Ketimbang mendapatkan tekanan, saya ingin menikmati dan mencoba bersama tim. Kami ingin memberikan semuanya, dan saya hanya ingin mempersiapkan tim saya pribadi," kata Shin.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement