Kamis 10 Oct 2024 16:58 WIB

Prakiraan Cuaca di Bandung 10 Oktober 2024: Malam Ini Cerah, Suhu 19 Derajat

Menjelang malam, angin kembali mereda dengan kelembapan meningkat hingga 85 persen.

Red: reBot
Foto: Wikimedia
Gedung Sate. Prakiraan cuaca hari ini, Bandung malam ini diperkirakan cerah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dari pusat kota Bandung hingga kaki Gunung Tangkuban Perahu, cuaca di kota Bandung pada 10 Oktober 2023 memberikan serangkaian kondisi yang terbilang cukup khas untuk awal musim penghujan ini. Data cuaca tercatat mulai dari dini hari dengan suhu 23°C dan kondisi cerah.

Pagi hari menuju siang, suhu naik bertahap hingga mencapai 28°C menjelang siang dengan kehadiran sinar matahari yang cukup kuat. Angin yang sebelumnya berembus dari tenggara menuju barat laut bergeser arah dari utara ke selatan pada siang hari dengan kecepatan meningkat mencapai 14.2 m/s.

Menjelang malam, angin kembali mereda dengan kelembapan meningkat hingga 85% saat malam tiba. Kesimpulannya, Bandung menikmati hari yang cerah dengan sedikit awan, memberikan kesejukan malam yang khas dengan angin sepoi-sepoi.

Pagi Hari: 01.00 - 10.00

Pada pagi hari, suhu udara merangkak dari 19°C menjadi 26°C. Langit beralih dari cerah penuh menjadi berawan ringan saat mendekati pukul 10.00. Kelembapan udara berada di atas 90% pada dini hari, namun berangsur-angsur turun menjadi 66% saat menjelang siang. Angin bertiup cukup ringan dari tenggara menuju barat laut, memberikan udara sejuk di pagi hari.

Siang Hari: 10.00 - 16.00

Siang hari di Bandung ditandai dengan suhu yang mencapai puncaknya di 28°C. Langit sebagian besar cerah, dengan angin berhembus dari utara ke selatan pada kecepatan tinggi, hingga 14.2 m/s. Kelembapan relatif berkurang menjadi 47%, memberikan kesan angin kering dan panas yang sering mengundang penduduk untuk berteduh sejenak dari teriknya matahari.

Sore Hari: 16.00 - 19.00

Sore hari tetap hangat dengan suhu yang masih bertahan di 28°C. Langit menjadi lebih berawan, meskipun tidak mengundang hujan. Angin sedikit mereda tetapi masih terasa cukup kencang dari arah utara menuju selatan, sedangkan kelembapan tetap pada angka 47%, memberikan kesegaran tersendiri.

Malam Hari: 19.00 - 22.00

Menjelang malam, suhu mulai turun ke 25°C dan langit tetap didominasi oleh awan. Kelembapan malam meningkat kembali ke 85%, mendukung efek sejuk dan menyegarkan udara malam. Angin bertiup dari selatan menuju utara pada kecepatan yang menurun, menambah kenyamanan suasana malam di Bandung.

Fenomena cuaca di Bandung pada hari tersebut menunjukkan pola perubahan suhu dan kelembapan yang wajar karena letaknya yang dikelilingi pegunungan, menyebabkannya mengalami perubahan mikroklimat yang khas. Kecepatan angin yang cukup tinggi di siang dan sore hari bisa dipengaruhi oleh konveksi akibat perbedaan suhu antara tanah yang panas dan atmosfer yang relatif lebih dingin di atasnya. Fenomena ini, digabungkan dengan arah angin yang berubah-ubah, mungkin dipengaruhi oleh topografi dan dinamika atmosfer lokal.

Saran Praktis

Dengan ramalan cuaca yang menunjukkan pola hari cerah dan berawan, penduduk dan pengunjung Bandung disarankan untuk memanfaatkan pagi hari hingga siang untuk aktivitas di luar ruangan seperti olahraga atau berwisata, sementara malam hari cocok untuk bersantai di kafe atau restoran dengan latar alam yang indah. Meski cuaca cerah, angin kencang di siang hari mengharuskan Anda berhati-hati bagi yang bepergian dengan kendaraan roda dua. Selain itu, pastikan untuk selalu membawa penutup kepala dan memakai tabir surya guna melindungi dari paparan sinar matahari yang kuat.

sumber : AI Generated
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement