Ahad 20 Oct 2024 11:54 WIB

Presiden Prabowo Sebut Swasembada Energi Sangat Penting, Apa Saja Programnya?

Swasembada energi menjadi prioritas Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabumingraka.

Rep: Digi Crunch/ Red: Partner
.
Foto: network /Digi Crunch
.

Presiden<a href= Prabowo Subianto menegaskan arti penting swasembada energi untuk enjaga ketahanan energi Indonesia. Sumber:Republika.co.id" />
Presiden Prabowo Subianto menegaskan arti penting swasembada energi untuk enjaga ketahanan energi Indonesia. Sumber:Republika.co.id

PRESIDEN PRABOWO SUBIANTO kembali menegaskan arti penting swasembada energi dalam pidato pelantikan sebagai presiden pada Minggu, 20 Oktober 2024. Ketahanan energi memberikan dampak besar bagi penguatan ekonomi nasional.

Presiden Prabowo memiliki gagasan berswasembada energi sepenuhnya dari tanaman. Prabowo optimistis Indonesia dapat mencapai swasembada energi karena kekayaan alam Indonesia.

Prabowo menargetkan BBM biofuel dari sawit hingga bensin dari etanol. Etanol tersebut bisa datang dari bahan makanan layaknya sawit dan singkong.

Ada tujuh program kerja terkait swasembada energi ini yang mencakup sejumlah aspek seperti pengembangan energi baru terbarukan, minyak dan gas bumi, serta penanggulangan kendala investasi di kedua sektor tersebut.

Ketujuh program kerja tersebut mencakup:

Pertama, mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dalam bidang energi hijau dunia, khususnya dalam energi baru terbarukan dan energi yang berbasis pada sumber daya nabati.

Kedua, memulihkan tata kelola migas dan pertambangan nasional sesuai dengan konstitusi, terutama Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

Ketiga, meningkatkan insentif untuk merangsang aktivitas penemuan cadangan sumber energi baru, dengan tujuan meningkatkan ketahanan dan kedaulatan energi nasional.

Keempat, merevisi semua peraturan yang menghambat investasi baru dalam sektor energi baru dan terbarukan (EBT).

Kelima, mendirikan kilang minyak, pabrik etanol, serta infrastruktur untuk menerima gas dan jaringan transmisi/distribusi gas, yang dapat dikelola oleh BUMN atau swasta.

Keenam, memperluas konversi bahan bakar minyak menjadi gas dan listrik untuk kendaraan bermotor, serta meningkatkan andil energi baru dan terbarukan dalam bauran listrik PLN.

Ketujuh, melanjutkan dan mengevaluasi pengembangan kawasan ekonomi khusus yang berspesialisasi dalam ekonomi hijau dan/atau ekonomi biru.

Tujuan Swasembada energi antara lain:

Diversifikasi Sumber Energi

Mendorong penggunaan berbagai sumber energi, termasuk energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan bioenergi, untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Peningkatan Produksi Dalam Negeri

Mengoptimalkan potensi sumber daya energi dalam negeri, seperti minyak, gas, dan energi terbarukan, untuk mencapai kemandirian energi.

Infrastruktur Energi

Memperbaiki dan membangun infrastruktur energi yang efisien untuk mendukung distribusi dan akses energi di seluruh wilayah Indonesia.

Inovasi dan Teknologi

Mengembangkan teknologi baru untuk memanfaatkan sumber energi alternatif dan meningkatkan efisiensi energi.

Pendidikan dan Kesadaran

Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan energi yang berkelanjutan dan efisien.

Program ini bertujuan untuk mencapai ketahanan energi, mengurangi defisit energi, dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan

sumber : https://diginomics.id/posts/483411/presiden-prabowo-sebut-swasembada-energi-sangat-penting-apa-saja-programnya-
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement