Selasa 22 Oct 2024 07:40 WIB

Pemerintah akan Gencarkan Transmigrasi ke Papua demi Pemerataan

Iftitah mendapat arahan dari Presiden Prabowo untuk mengadakan program transmigrasi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Transmigrasi (Mentrans) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Transmigrasi (Mentrans) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Transmigrasi (Mentrans) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara menyebutkan, Kementerian Transmigrasi mendapat arahan dari Presiden Prabowo Subianto untuk mengadakan program transmigrasi ke wilayah Indonesia Timur, terutama Papua. Kebijakan itu guna mewujudkan pemerataan kesejahteraan daerah-daerah di Indonesia.

"Agar Papua betul-betul menjadi bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam konteks kesejahteraannya, dalam konteks persatuan nasionalnya, dalam konteks lebih besar," kata Iftitah dalam upacara serah terima jabatan Menteri Transmigrasi di Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2024).

Baca Juga

Berdasarkan arahan Presiden Prabowo, pihaknya berupaya untuk membangun kebanggaan warga transmigran yang dipandang sebagai para patriot bangsa. Menurut Iftitah, upaya membangun kebanggaan tersebut dimulai dari lingkungan Kementerian Transmigrasi.

"Kementerian Transmigrasi sebagai fasilitator dari para patriot bangsa tersebut pertama-tama harus membangun kebanggaannya terhadap kementeriannya sendiri," ujar peraih Adhi Makayasa Akmil 1999 tersebut.

Sebagai kementerian baru hasil pemekaran Kemendes PDTT, Iftitah menyadari, banyak tantangan yang dihadapi Kementerian Transmigrasi ke depannya. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam menjalankan amanah tugas tidak hanya di lingkup internal tapi juga antar kementerian.

"Mari kita bekerja bersama-sama, bersinergi, dan berkolaborasi tidak hanya dalam Kementerian Transmigrasi, begitu juga dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan kementerian lainnya," ujar Iftitah.

Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk M Iftitah Sulaiman Suryanagara sebagai mentrans dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Iftitah bersama Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Yandri Susanto akan berbagi tugas yang sebelumnya diampu oleh Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di bawah kepemimpinan Presiden Ke-7 RI Joko Widodo pada 2019-2024.

Iftitah memiliki latar belakang aktif di dunia politik dengan membantu Partai Demokrat yang digawangi sahabatnya, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono. Iftitah dibantu oleh Viva Yoga Mauladi yang ditunjuk oleh Presiden Prabowo menjadi wakil menteri transmigrasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement