Jumat 25 Oct 2024 17:20 WIB

7 Gunung Tertinggi di Jabar yang Indah dan Wajib Dijajal Para Pendaki

Gunung Pangrango unik, karena masuk tiga wilayah Kab Bogor, Cianjur, dan Sukabumi

Pemandangan alam di objek wisata Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka. Destinasi wisata di ketinggian 2000 mdpl ini terletak di salah satu lereng Gunung Ciremai.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemandangan alam di objek wisata Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka. Destinasi wisata di ketinggian 2000 mdpl ini terletak di salah satu lereng Gunung Ciremai.

REPUBLIKA.CO.ID, .BANDUNG--Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejumlah pegunungan. Karena, berbagai pegunungan Jabar di Jabar sangat indah dan eksotis menjadi daya tarik bagi para pedaki untuk menjajal gunung-gunung tersebut.

Bahkan, dari sekian banyak gunung, beberapa di antaranya menjulang tinggi hingga melebihi 2.000 MDPL. Sehingga, gunung-gunung tersebut dicatat sebagai seven summit atau tujuh puncak tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Berikut, 7 gunung tertinggi di Jabar:

Baca Juga

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai menjadi gunung yang tertinggi di Jabar. Secara administratif, gunung ini masuk wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Puncak Gunung Ciremai berada di ketinggian 3.078 MDPL. Untuk mendakinya, ada dua jalur yang bisa dipilih yaitu jalur Linggarjati di Kabupaten Kuningan dan jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Dikutip dari berbagai sumber, Gunung Ciremai merupakan gunung api kuarter aktif tipe A, berbentuk strato, dan tipe letusan berupa erupsi eksplosif berskala menengah. Di gunung ini juga tersimpan dua kawah yang ada di bagian barat dengan radiius 400 m, serta kawah sisi timur yang beradius 600 m.

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango menjadi gunung tertinggi kedua di Provinsi Jabar. Puncak gunung ini berada di ketinggian 3.019 MDPL.

Uniknya, puncak Gunung Pangrango masuk tiga wilayah yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Banyak jalan yang bisa dipilih untuk mencapai puncaknya yaitu melalui jalur pendakian Gunung Putri, Cibodas, maupun Salabintana.

Gunung ini termasuk yang menjadi favorit bagi pedaki pemula. Bahkan sudah banyak wisatawan non pedaki yang memilih berlibur di kawasan Gunung Pangrango.

3. Gunung Gede

Gunung Gede berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Luasnya taman nasional ini mencapai 21.975 hektare. Puncak Gunung Gede berada di ketinggian 2.958 MDPL.

Sama seperti Gunung Pangrango, Gunung Gede juga masuk tiga wilayah administratif yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Di ketinggian 2.750 MDPL, terdapat Alun-alun Suryakencana yang merupakan padang sabana dengan ditumbuihi bunga-bunga edelweis. Gunung ini juga termasuk ‘ramah’ bagi pedaki pemula.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray berada di Kabupaten Garut. Tinggi gunung ini mencapai 2.818 MDPL. Gunung Cikuray merupakan gunung api aktif tipe A dan berbentuk stratovolcano. Untuk mencapai puncaknya, terdapat beberapa jalur pendakian yakni via Pemancar Cilawu, via Bayongbong, dan via Cikajang.

Menurut sejarah, Gunung Cikuray dulunya merupakan pusat pertapaan para pendeta. Informasi tersebut dicatat dalam beberapa naskah kuno yang kini tersimpan di beberapa tempat.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan juga terletak di Kabupaten Garut. Tinggi gunung ini mencapai 2.665 MDPL. Dalam beberapa tahun ke belakang, Gunung Papandayan pernah mengalami sejumlah letusan. Meski demikian, gunung ini tetap dianggap ‘ramah’ bagi para pedaki pemula.

Tak hanya itu, saat ini sudah dibuka sejumlah destinasi wisata yang bisa diakses dengan mudah. Beberapa di antaranya adalah hutan mati, padang savana, serta sumber mata air panas.

6. Gunung Kendang

Gunung Kendang menjadi gunung tertinggi keenam di Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 2.608 MDPL.

Gunung ini masuk ke Kawasan Cagar Alam Papandayan yang tercatat di wilayah administratif Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Meski kurang populer, Gunung Kendang tetap menyimpan keindahan alam yang memanjakan mata.

Gunung ini dikelilingi perkebunan teh, dan yang paling tersohor tentunya area Pangalengan yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di area Bandung Raya.

7. Gunung Patuha

Puncak Gunung Patuha berada di ketinggian 2.434 MDPL. Gunung ini juga terletak di wilayah Kabupaten Bandung dan memiliki daya tarik eksotis yaitu Kawah Putih.

Lokasi tersebut sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan kawasan Gunung Patuha sering dijadikan lokasi syuting film dari banyak judul.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement