Jumat 29 Aug 2025 11:07 WIB

BPJPH: Wajib Halal Nonpangan Jadi Jalan ke Pasar Global

Belanja konsumen Muslim tidak hanya terkonsentrasi pada pangan.

Pengunjung berbincang di salah satu stan pada gelaran Indonesia International Halal Festival 2025 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/6/2025). Kegiatan yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tersebut menampilkan beragam layanan jaminan halal seperti layanan halal auditor, layanan laboratorium pengecekan sampel hingga beragam produk halal seperti produk kosmetik, makakan, farmasi hingga fashion. Gelaran Indonesia International Halal Festival tersebut berlangsung hingga Ahad 22 Juni mendatang yang diharapkan dapat membentuk ekosistem halal yang dinamis dan inklusif.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung berbincang di salah satu stan pada gelaran Indonesia International Halal Festival 2025 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/6/2025). Kegiatan yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tersebut menampilkan beragam layanan jaminan halal seperti layanan halal auditor, layanan laboratorium pengecekan sampel hingga beragam produk halal seperti produk kosmetik, makakan, farmasi hingga fashion. Gelaran Indonesia International Halal Festival tersebut berlangsung hingga Ahad 22 Juni mendatang yang diharapkan dapat membentuk ekosistem halal yang dinamis dan inklusif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kewajiban sertifikasi halal pada 18 Oktober 2026 dipandang Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) bukan sekadar aturan administratif. Aturan ini justru dinilai sebagai peluang strategis bagi industri nonpangan Indonesia untuk menembus pasar halal global yang terus berkembang.

Sekretaris Utama BPJPH Muhammad Aqil Irham mengatakan sertifikasi halal tidak hanya berkaitan dengan aspek religius, tetapi juga aspek ekonomi yang membuka peluang usaha lebih luas.

“Halal saat ini sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup yang dalam beberapa tahun terakhir ini diproyeksikan mencapai 2,8 triliun dolar AS pada 2025,” kata Aqil, Jumat (29/8/2025).

Ia menjelaskan, pertumbuhan industri halal juga didorong oleh jumlah penduduk Muslim dunia yang diperkirakan mencapai 2,2 miliar jiwa pada 2030. Data State Global Islamic Economic Report (SGIER) 2024/2025 menunjukkan, belanja konsumen Muslim tidak hanya terkonsentrasi pada pangan, melainkan juga sektor nonpangan seperti kosmetik, obat, pariwisata, fesyen, hingga gaya hidup halal.

Menurut Aqil, tren ini membuka peluang strategis bagi Indonesia untuk memperluas peran dalam rantai pasok global produk halal. Namun ia mengingatkan, peluang tersebut harus dijawab dengan kesiapan industri dalam negeri.

“Pelaku usaha Indonesia harus segera bersertifikat halal jika kita tidak siap, ini bisa menjadi ancaman serius bagi daya saing pelaku usaha dalam negeri,” ujarnya.

BPJPH juga mendorong kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem halal nasional. “Sertifikasi halal bukan hanya kewajiban regulatif, tetapi juga peluang strategis untuk memperluas pasar, meningkatkan kepercayaan konsumen, serta memperkuat daya saing produk Indonesia di era perdagangan bebas secara global,” kata Aqil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

(QS. Ali 'Imran ayat 159)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement