REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Salah satu kunci sukses meraih pelanggan dan menjaga loyalitasnya adalah selalu berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal itu tampaknya disadari betul oleh PT Zahir Internasional, produsen software akuntansi bermerek Zahir Accounting.
"Kami berkomitmen untuk memberikan yang lebih baik kepada konsumen. Apalagi setelah Zahir memperoleh sertifikat manajemen mutu internasional ISO 9001:2008, bulan Maret 2010," tutur Direktur PT Zahir Internasional, Muhammad Ismail Thalib. Ia menambahkan, fokus ISO 9001:2008 adalah kepuasan pelanggan.
Karena itu, salah satu yang kini ditingkatkan oleh Zahir adalah layanan purna jual (after sales service). Pelayanan dibuat lebih terprosedur, sistem di-upgrade, kualitas sumber daya manusia juga ditingkatkan.
"Layanan customer service kami tingkatkan dari enam hari menjadi tujuh hari seminggu. Dengan demikian, pelanggan Zahir yang menghadapi masalah terkait software Zahir pada akhir pekan, tidak perlu menunggu hari Senin untuk mendapatkan pelayanan dari customer service kami," papar Muhammad Ismail.
Zahir Accounting dikembangkan sejak tahun 1996, dan merupakan market leader di bidang software akuntansi. Hingga saat ini, Zahir Accounting sudah dipakai lebih dari 14.000 lisensi atau user, yang umumnya merupakan usaha kecil menengah (UKM).
PT Zahir Internasional menyediakan dua pilihan Zahir Accounting. Pertama, sistem jual putus dengan harga berkisar dari Rp 1 juta hingga Rp 15 juta. Kedua, sistem sewa (prabayar) yang disebut Zahir Merdeka. Dengan sewa prabayar, konsumen cukup membayar untuk priode transaksi yang dibutuhkan.
Muhamad Ismail menjelaskan bahwa kehadiran Zahir Merdeka dimaksudkan untuk menjembatani para UKM yang memerlukan software akuntansi namun terkadang masih ragu mengeluarkan investasi di bidang IT, khususnya software akuntansi. "Dengan adanya paket isi ulang dan harganya murah ini tak ada lagi alasan bagi UKM untuk tidak menggunakan software akuntansi, khususnya Zahir Merdeka. Kalau bisa sewa, kenapa harus beli?" tegasnya.