Senin 16 Jun 2014 15:54 WIB

Indosat Tingkatkan Kapasitas Data Antisipasi Lebaran

Red: Julkifli Marbun
Indosat Sambut Bulan Berkah
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Indosat Sambut Bulan Berkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indosat Tbk meningkatkan kapasitas data untuk mengantisipasi lalu lintas jaringan yang padat selama Lebaran.

Direktur Utama PT Indosat Tbk Alexander Rusli pada peluncuran "Gratis Nelpon dan SMS selama 24 jam" di Jakarta, Senin, mengatakan pada tahun ini peningkatan kapasitas yang diutamakan adalah data, dibanding telepon (voice) dan SMS.

"Secara umum lebih ke data karena tahun lalu 'voice' sama SMS tidak terlalu 'grow' (tumbuh), tawaran tahun ini lebih ke arah data, tetapi tetap untuk 'voice' dilibatkan, tetapi tidak terlalu ekstensif," kata Alexander.

Dia menyebutkan kapasitas data yang disipakan untuk Ramadhan dan Lebaran 2014, yakni 335 terabyte per hari dari sebelumnya hanya 274,4 tera byte per hari pada Ramadhan dan Lebaran 2013.

Hasil penambahan tersebut, lanjut dia, berdasarkan perkiraan kenaikan lalu lintas (traffic) data awal Ramadhan 2014 menjadi 270 bite per hari dan perkiraan lalu lintas data Lebaran 2014 menjadi 300 byte per hari.

Meskipun, menurut Alexander, voice tidak terlalu besar peningkatannya, pihaknya tetap akan menambah kapasitas dari 5,45 juta erlang per hari pada Ramadhan dan Lebaran 2013 menjadi 15,4 juta erlang per hari atau ekuivalen dengan 924 juta menit pembicaraan per hari pada Ramadhan dan Lebaran 2014.

Diperkirakan, tambah dia, ada kenaikan voice sebesar 7,6 persen pada awal Ramadhan 2014 dibandingkan dengan hari biasa, yakni menjadi 6,6 juta erlang per hari atau 396 juta menit pembicaraan per hari.

Alex menambahkan, menjelang Lebaran 2014 juga diperkirakan akan meningkat sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan hari biasa, menjadi 6.8 juta erlang per hati atau 409 juta menit pembicaraan per hari.

"Pada saat Ramadhan orang menelepon lebih banyak, tetapi kita tidak lihat kalau pada saat Ramadhan akan jadi 'jammed' (macet jaringannya)," katanya.

Untuk SMS, Alex juga menambah kapasitas dari 711,6 juta SMS per hari pada Ramadhan dan Lebaran 2013 menjadi 1,45 miliar SMS per hari pada Ramadhan dan Lebaran 2014.

Dia menyebutkan perkiraan kenaikan lalu lintas SMS pada awal Ramadhan 2014 menjadi 910 juta SMS per hari atau naik 15 persen dari hari biasa, sementara itu lalu lintas SMS Lebaran 2014 diperkirakan naik menjadi 1.038 juta SMS per hari atau naik 31 persen dibanding hari biasa.

Dalam kesempatan sama, Kepala Divisi Humas Indosat Adrian Prasanto menjamin dengan adanya peningkatan kapasitas, tidak ada lagi "kemacetan" lalu lintas dalam jaringan Indosat selama Ramadhan dan Lebaran.

"Insya Allah tidak ada, kita kan sudah naikkan hingga tiga kali lipat," katanya.

Untuk itu, Adrian mengatakan pihaknya akan membentuk tim persiapan lebaran yang terdiri dari seluruh unit operasional jaringan Indosat, membentuk "command centre" yang akan mulai beroperasi pada saat H-3 hingga H+2.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan "upgrade" untuk kapasitas jaringan yang diperkirakan akan macet saat lebaran, juga bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk melakukan "test-drive" sepanjang jalur-jalur utama maupun rel kereta api untuk memastikan jaringan siap secara kualitas.

Dia menambahkan tim regional juga melakukan "test-drive" di sepanjang jalur regional serta optimasi jaringan di daerah-daerah pariwisata selama libur Lebaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement